https://www.regalianews.com

Wakil Ketua DPRD Karimun Ditabrak Tugboat

Hukum & Kriminal

Regalia News – Insiden perahu Wakil 2 Ketua DPRD Karimun,Kepulauan Riau (Kepri),Rasno ditabrak tugboat akhirnya dibawa ke hearing DPRD Karimun,Selasa (9/6/2020).

Hearing digelar oleh Komisi 3 DPRD Karimun Kepri pimpinan Ady Hermawan (Fraksi Hanura),Hearing tersebut turut dihadiri korban yakni Wakil 2 Ketua DPRD Karimun Kepri Rasno.

Sayangnya,hearing tersebut tidak dihadiri pihak tugboat Vaquita Dolphin dan PT Karimun Marine Shipyard (KMS) yang menaungi tugboat.“Nakhoda tugboat dan PT KMS yang menaungi tugboat tidak hadir,” kata Ady Hermawan kepada Regalia News.Com usai hearing.

Sementara Wakil 2 Ketua DPRD Karimun Kepri,Rasno mengatakan, pihak penabrak yakni nakhoda Tugboat Vaquita Dolphin dengan tongkang Coastal Bay 2304 sempat tidak mengakui telah menabrak perahu yang ia tumpangi tersebut.namun setelah dua rekannya sesama pemancing menunjukkan bukti, akhirnya mereka mengakui.“Saat kami jumpa, awalnya mereka ngelak tak ngaku,barulah saat dua pemancing rekan kami bilang kan bapak di belakang tadi,barulah mereka tak bisa ngelak lagi,” kata Rasno, Selasa.

Rasno juga mengatakan saat kejadian,nakhoda Tugboat Vaquita Dolphin tidak berhenti mengecek kondisi mereka, sebaliknya terus saja berlayar.“Setelah nabrak kami,mereka tak berhenti malah terus saja,” kata Ketua DPC PDIP Karimun itu.

Wakil  Ketua 2 DPRD Karimun itu juga mengaku sebelum kejadian,tidak ada mendengar bunyi sirine dari tugboat tersebut sebagai tanda agar pihaknya keluar dari jalur mereka.“tidak ada aba-aba seperti bunyi sirine,kalau ada pasti kami mengelak karna ini bahaya kan,” kata Rasno.

Sementara itu Ketua Komisi 3 DPRD Karimun,Ady Hermawan mengatakan,hearing digelar setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat nelayan.”Ady juga membenarkan laporan salah satunya datang dari Wakil 2 Ketua DPRD Karimun,Rasno.“Hearing digelar setelah adanya laporan dari masyarakat nelayan, salah satunya dari pak Rasno selaku korban,” kata Ady Hermawan.

Ady Hermawan membenarkan pihak tugboat dan PT KMS tidak hadir hearing,padahal sudah diundang DPRD Karimun.Meski begitu Ady mengaku pihaknya akan kembali melayangkan undangan hearing kepada PT KMS.“Kami akan undang lagi pihak PT KMS,” kata Ady.

Sementara kesimpulan hearing, politisi Hanura itu mengatakan, pihaknya akan menyusun resume hearing,Resume itu nantinya akan diserahkan ke pihak Polres Karimun dan KSOP Kelas I Karimun,“kita akan serahkan resume hearing ke Polres dan KSOP untuk dapat ditindaklanjuti karena kami menilai kejadian ini sudah mengancam nyawa,” kata Ady.

Selain itu,pihaknya juga berencana melayangkan surat resmi ke PT KMS selaku pihak yang menaungi pihak tugboat Vaquita Dolphin tersebut.“Kita minta PT KMS dapat menindaklanjuti dengan memberikan sanksi kepada pihak tugboat karena kami menilai ada unsur kelalaian yang mengancam nyawa,” kata Ady.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil 2 Ketua DPRD Karimun,Rasno mengalami insiden tidak mengenakan saat mancing di sekitar perairan Pulau Tembelas,Kecamatan Meral,Karimun Kepri,Minggu (7/6/2020) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Itu setelah perahu yang ditumpangi Wakil 2 Ketua DPRD Karimun Kepri itu ditabrak satu unit kapal tugboat Vaquita Dolphin yang tengah menarik tongkang Coastal Bay 2304.

Baca:berulang Kali Jalani PCR Istri Almarhum Ayah Syahrul Dinyatakan Sembuh,Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karimun itu mengaku dirinya nyaris maut ditabrak tugboat tersebut.“Iya,hampir mati ditabrak tugboat,”kata Rasno.Senin (8/6/2020) malam via telepon.

Untungnya nasib baik masih berpihak kepadanya, ia selamat dalam insiden itu,Rasno saat itu tidak sendirian,ia ditemani sekitar 7 orang rekannya sesama pemancing saat itu.

Rasno menceritakan, dirinya dan sejumlah rekannya selamat setelah di sekitar lokasi ada kapal ambulans laut Baznas dan sejumlah pompong nelayan lainnya datang.“Kami semua di pompong mancing saat tabrakan terjadi pada jam 16:30 WIB.untung speed ambulans Baznas dan pompong nelayan yang lain datang menyelamatkan kami yang sedang terombang-ambing saat waktu sudah malam,” kata Rasno.

Akibat tabrakan itu, pompong yang ditumpangi Wakil 2 Ketua DPRD Karimun itu mengalami kerusakan pada bodi dan bagian isi dalam mesinnya pecah.“sehingga mesin tidak bisa hidup,coba aja kalau pompong kami bocor,mungkin sudah mati kami semua,” keluh Rasno.

Sayangnya, Rasno mengatakan,tugboat yang menabrak pompong yang ditumpangi itu pergi begitu saja tanpa menghiraukan keadaan dirinya dan sejumlah pemancing lainnya.tidak puas,sejumlah rekannya kemudian mencari tugboat tersebut.

Tugboat tersebut akhirnya ditemukan di sekitar perairan PT Karimun Marine Shipyard (KMS),perusahaan galangan kapal di Parit Lapis,Kecamatan Meral Barat pada Minggu malam.“malamnya baru kami cari tongkang tersebut dan ketemu di perairan KMS,” kata Rasno.

“Rasno menyebut kasus perahunya ditabrak tugboat yang kemudian diketahui bernama Vaquita Dolphin sudah dilaporkan ke pihak Polres Karimun.“sudah tadi siang,” kata Rasno.

Kasus tersebut rencananya juga akan dibawa ke dalam rapat dengar pendapat atau RDP di DPRD Karimun,Selasa (9/6/2020) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Rasno mengatakan RDP tersebut akan turut dihadiri KSOP Kelas I Karimun,Satpolair Polres Karimun, Dishub, PT KMS dan nelayan.

Liputan :  Hb

Editor    : Redaksi

Related posts

Leave a review

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini:
UA - 174246026 - 1