https://www.regalianews.com

Ditengah Wabah Covid-19, DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Karimun

Regalia News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri ) menggelar rapat paripurna pembahasan Laporan Kerja Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Bupati Karimun tahun anggaran 2019 di gedung paripurna Rong Sri DPRD Karimun, Selasa ( 22/4/2020 ), siang kemarin.

Meskipun di tengah Pandemi wabah Corona Virus Disease (Covid-19), pelaksanaan rapat paripurna pembahasan LKPJ oleh Bupati Karimun dan mendengarkan tanggapan dari beberapa fraksi serta penjelasan Bupati Karimun dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 di Karimun berjalan aman dan lancar.

“Alhamdulillah, rapat paripurna yang kita laksanakan berjalan aman dan lancar. Namun demikian, kita semua tetap mengantisipasi pencegahan covid 19 dengan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan rapat paripurna dan menggunakan masker,” ungkap Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat.

Dirinya menyebut kewajiban konstitusi juga dimaksud sebagai upaya membanguan transparansi dan memperkuat check and balance penyelenggaraan pemerintah daerah oleh DPRD Kab Karimun .

Untuk itu LKPJ Bupati Karimun tahun 2019 memuat berbagai capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah di kab karimun capaian baik makro maupun mikro yang dilaksanakan melalui penyelenggaraan urusan yang menjadi Kewenangan dan tugas kepala daerah .

Dikatakannya, hal ini tentunya agenda rapat paripurna hari ini mendengarkan tanggapan dari beberapa fraksi atas penyampain LKPJ Bupati Karimun.

Pada penyampaian LKPJ ini ,dilaksanakan paling lambat tiga bulan setiap akhir tahun anggaran namun wabah pendemi COVID-19 di Kab Karimun membuat pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan lain diantaranya menyesuaikan dengan kondisi daerah yang terkena dampak COVID-19 tersebut .

Dalam pasal 72 ayat 2 Undang2 No 28 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dimana Kepala Daerah sendiri wajib menyampaikan LKPJ Kepada DPRD yang dilakukan satu kali dalam setahun paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir .

“Selain itu, Bupati Karimun juga memberikan penjelasan terkait penanganan Covid ’19,” ujarnya singkat.

Rapat paripurna DPRD Karimun dihadiri langsung oleh Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si dan OPD dan utusan Forum Komunikasi Unsur Pimpinan Daerah Karimun. (Hb/Reg)

Related posts

Leave a review

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini:
UA - 174246026 - 1