83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Kapolri Kirim Pasukan ke Afrika dalam Misi Perdamaian PBB

Nasional

Kapolri Kirim Pasukan ke Afrika dalam Misi Perdamaian PBB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ( Foto Istimewa)

Regalia News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melepas keberangkatan Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca yang akan bertugas di Bangui, Afrika Tengah.

Ini adalah bagian dari misi pemeliharaan perdamaian PBB di wilayah tersebut. Kontingen ini terdiri dari 140 personel Polri, dengan 116 pria (Polki) dan 24 wanita (Polwan). Selain itu, Polri telah mengirimkan total 3,184 personel Polri ke MPP (Misi Pemeliharaan Perdamaian) PBB.

Kapolri mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri, Divhubinter Polri, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mendukung persiapan kontingen ini.

Kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca telah melalui pelatihan selama 7 bulan di Pusat Misi Internasional Polri (Serpong) dan dilengkapi dengan kemampuan berstandar PBB seperti penanganan kerusuhan, pencarian dan penyelamatan, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra terorisme, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik, hingga medis pertempuran.

Kapolri berharap upacara pelepasan ini akan meningkatkan semangat dan kebanggaan seluruh personel Garbha Satgas FPU 5 Minusca. Ia juga berharap agar pelaksanaan misi ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi positif terhadap perdamaian di wilayah penugasan.

Kapolri menekankan bahwa Dewan Keamanan PBB, sesuai dengan Piagam PBB yang ditandatangani pada 26 Juni 1945, bertanggung jawab atas operasi pemeliharaan perdamaian PBB untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional. Indonesia, sebagai anggota PBB, turut berpartisipasi dalam misi ini.

Kapolri juga menekankan bahwa anggota kontingen ini adalah personel yang telah melewati seleksi dan asesmen ketat serta telah menjalani pelatihan pra penugasan selama 7 bulan sesuai dengan standar PBB.

Mereka diharapkan menjalankan tugas mereka dengan baik dan berkontribusi terhadap stabilitas dan penyelesaian konflik di wilayah penugasan serta meningkatkan kepercayaan internasional terhadap Indonesia.

Kapolri mengingatkan bahwa keberhasilan dalam misi ini akan memberikan dampak positif bagi Indonesia. Dengan tingginya kepercayaan internasional, kredibilitas Indonesia akan meningkat, dan kedaulatan negara akan lebih dihormati.

Upacara pelepasan kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Polri serta perwakilan dari Komisi III DPR RI dan Polisi Luar Negeri, menunjukkan dukungan penuh dari pemerintah dan lembaga terkait terhadap misi ini.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1