https://www.regalianews.com
Image default

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

Hukum & Kriminal

Regalia News – Berita tersebut menggambarkan upaya Bea Cukai dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan peraturan kepabeanan dan melaksanakan kegiatan sosialisasi di beberapa wilayah, termasuk Malang, Jombang, dan Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan langkah preventif dalam mendukung program Pemberantasan Rokok Ilegal 2023.

Dalam upaya pencegahan peredaran rokok ilegal, Bea Cukai mengimplementasikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). Direktur Komunikasi dan Layanan Pemandu Pengguna, Nirwala Dwi Heryanto, menyatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk mengurangi peredaran rokok ilegal dengan mendanai kegiatan terkait barang kena cukai ilegal.

DBH CHT difokuskan untuk mendukung kegiatan operasional yang dilakukan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan instansi terkait yang mendukung tugas utama Otoritas Bea dan Cukai.

Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui pendekatan artistik dan budaya, melibatkan langsung masyarakat, termasuk pedagang rokok, pejabat daerah, dan masyarakat umum. Bea Cukai bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di berbagai wilayah, seperti Malang dan Jombang, untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi.

Di Jombang, Bea Cukai Kediri berkolaborasi dengan Satpol PP Kabupaten Jombang untuk menyelenggarakan acara hiburan populer yang melibatkan seniman lokal guna mensosialisasikan peraturan kepabeanan. Di Banyuwangi, kegiatan edukasi tentang peraturan cukai dilakukan di sekolah-sekolah, seperti SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi dan Universitas 17 Agustus Banyuwangi.

Materi sosialisasi mencakup karakteristik rokok ilegal, identifikasi meterai cukai palsu, dan peran Bea Cukai dalam memberantas rokok ilegal. Keaslian meterai cukai dapat ditentukan melalui berbagai cara, termasuk sinar UV, kaca pembesar, pembaca hologram, jarum, cairan, dan informasi yang jelas dan sesuai untuk produk.

Pemberantasan rokok ilegal dianggap sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat umum. Bea Cukai berharap bahwa sosialisasi dan edukasi yang terus-menerus dapat meningkatkan pemahaman dan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal di masyarakat.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1