83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Dua Orang Pelaku TPPO Diringkus Sat Reskrim Lotara

Hukum & Kriminal

Dua Pelaku TPPO Diringkus Sat Reskrim Lotara
Kasat Reskrim Polres Lombok Utara AKP I Made Sukadana SH MH (Foto Istimewa)

Regalia News – Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan perlindungan pekerja migran Indonesia di wilayah hukum Polres Lombok Utara.

Kronologi Kasus Pada November 2021, korban (berinisial M) berusia 32 tahun ingin bekerja di luar negeri, dan terlapor IS (berusia 40 tahun) menawarkan bantuan untuk mempekerjakannya di Hong Kong, Terlapor IS memperkenalkan korban kepada AS (berusia 46 tahun) yang dianggap dapat membantu perjalanan ke luar negeri, Korban melakukan pemeriksaan medis di Klinik MDC di Kota Mataram atas permintaan AS, dan setelah itu, diminta untuk melengkapi berkas persyaratan.

Terlapor IS mempekerjakan korban di negara Hong Kong, meskipun awalnya korban ingin bekerja di Timur Tengah, Terdapat pemalsuan identitas dengan memberikan korban kartu identitas luar negeri United Arab Emirates.

Korban meninggal dunia karena Tumor Otak pada tanggal 31 Mei 2023 di Bahrain, dan jenazahnya dipulangkan ke Kabupaten Lombok Utara, Jenazah korban dimakamkan pada tanggal 6 Juni 2023 setelah proses pemulangan.

Tim Puma Polres Lombok Utara berhasil menangkap dua pelaku TPPO dan Pekerja Migran Indonesia pada tanggal 16-17 Juni 2023, Terlapor IS berhasil ditangkap di desa Gegerung, sedangkan saudari IS yang merupakan terduga pelaku lainnya ditangkap di kos-kosan di sekitar Desa Gegerung.

Beberapa item yang diamankan termasuk buku paspor, KTP korban, kartu identitas luar negeri United Arab Emirates, bendel dokumen kematian, tiket pesawat dari Lombok ke Bahrain, dan tiket pemulangan jenazah dari Bahrain ke Lombok NTB menggunakan pesawat Gulf Air.

Terlapor IS mendapatkan keuntungan atau upah sebesar Rp.8.000.000,- dari AS atas penempatan pekerja migran.

Tim Puma Polres Lombok Utara melakukan serangkaian tindakan penelusuran dan penelitian terhadap informasi, termasuk penyelidikan di rumah terlapor dan pengejaran terhadap terlapor yang melarikan diri.

Barang-barang bukti yang disebutkan akan menjadi dasar penting dalam proses penyelidikan dan pengungkapan kasus ini, dan analisis lebih lanjut akan dilakukan untuk mengungkap kebenaran dan memastikan pertanggungjawaban dalam kasus tersebut.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1