55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Jadi Sorotan MUI, Polri Selidiki Kanal Youtube Yang Diduga Hina Nabi Muhammad SAW

Hukum & Kriminal

Jadi Sorotan MUI, Polri Selidiki Kanal Youtube Yang Diduga Hina Nabi Muhammad SAW
Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar (Foto Istimewa)

Regalia News –┬áDalam konteks hukum di Indonesia, penyelidikan terhadap pemilik kanal YouTube “Sunnah Nabi” yang diduga mengandung konten merendahkan Nabi Muhammad memang dapat memunculkan pertanyaan terkait kebebasan berbicara dan ekspresi.Agu 19, 2023

Indonesia memiliki dasar hukum terkait kebebasan berbicara, seperti yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945. Namun, kebebasan tersebut tidak bersifat mutlak dan dapat dibatasi oleh undang-undang untuk melindungi hak-hak orang lain, termasuk hak atas kehormatan dan agama.

Dalam kasus seperti ini, Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) melakukan penyelidikan sebagai tanggapan terhadap aduan dari Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas. Upaya tersebut mencakup permintaan untuk menangkap individu atau kelompok yang bertanggung jawab atas produksi konten di kanal “Sunnah Nabi.”

Pertimbangan penting adalah apakah konten tersebut dapat dianggap sebagai penistaan atau pencemaran terhadap agama dan apakah hal tersebut melanggar hukum atau hak-hak individu. Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur penistaan agama, seperti Pasal 156(a) KUHP yang mengatur tindak pidana penodaan agama. Penyelidikan akan membantu menentukan apakah konten tersebut benar-benar melanggar hukum tersebut.

Pihak berwenang, termasuk polisi dan pengadilan, akan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk konteks, niat, dan dampak dari konten tersebut. Keputusan akhir apakah konten tersebut melanggar hukum atau tidak akan menjadi hasil dari proses hukum yang berjalan, dan individu yang terlibat memiliki hak untuk membela diri sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Dalam banyak kasus, kebebasan berbicara harus sejalan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang diakui dalam masyarakat, termasuk penghargaan terhadap keberagaman dan rasa hormat terhadap agama dan keyakinan orang lain.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1