83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

DPRD Kepri Hadiri Kegiatan Uji Publik Diselenggarakan KPU

DPRD Kepri

DPRD Kepri Hadiri Kegiatan Uji Publik Diselenggarakan KPU
Kegiatan Uji Publik Penyusunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi Dalam Pemilu 2024

Regalia News – Kegiatan uji publik yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Hotel Santika, Batam pada Kamis (19/01/2023) pagi merupakan langkah yang diambil dalam rangka pelaksanaan tahapan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau untuk Pemilu 2024. Acara ini dihadiri oleh anggota partai yang beroperasi di Kepulauan Riau.

Uji publik tersebut dilaksanakan setelah dikeluarkannya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 80/PUU-XX/2022 yang diajukan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Putusan MK menyatakan bahwa ketentuan norma Pasal 187 ayat (5) Undang-Undang (UU) Pemilu bertentangan dengan UUD 1945.

Menariknya, putusan tersebut tidak memiliki kekuatan hukum mengikat selama tidak dimaknai, dan daerah pemilihan serta jumlah kursi setiap daerah pemilihan anggota DPR diatur dalam Peraturan KPU.

Kehadiran Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Afrizal Dachlan, Sekretaris Komisi II Sahat Sianturi, Anggota Komisi IV Saproni, yang didampingi oleh Sekretaris Dewan Provinsi Kepulauan Riau Martin L Maromon, menunjukkan tingginya partisipasi dari pihak legislatif dalam proses ini.

Langkah-langkah penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau akan memiliki dampak signifikan pada representasi politik di wilayah tersebut.

Proses ini juga mencerminkan upaya KPU untuk memastikan kepatuhan terhadap putusan Mahkamah Konstitusi dan meningkatkan keterlibatan publik dalam proses demokratisasi.

Editor ; Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1