https://www.regalianews.com
Image default

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal di Makassar dan Jayapura

Hukum & Kriminal

Regalia News – Peran Bea Cukai sebagai community protector yang bertanggung jawab melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya. Dalam konteks ini, Bea Cukai Jayapura dan Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) telah melakukan pemusnahan terhadap sejumlah barang kena cukai (BKC) ilegal dan barang-barang hasil penindakan kepabeanan.

“Bea Cukai menunjukkan komitmennya untuk melindungi masyarakat dan pelaku usaha dengan memberantas peredaran BKC ilegal melalui upaya pemusnahan barang yang melanggar ketentuan perundang-undangan”.Encep Dudi Ginanjar, pada Senin (18/12).

Pemusnahan tersebut mencakup barang yang menjadi milik negara (BMMN) berupa BKC ilegal, hasil tembakau (HT), minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal, serta barang impor yang melanggar ketentuan larangan dan pemberantasan (lartas), seperti jenis buku tertentu, obat-obatan, kosmetik, dan ballpress.

Pemusnahan barang ilegal dilakukan secara kolaboratif antara Bea Cukai Sulbagsel dan Bea Cukai Makassar, serta oleh Bea Cukai Jayapura di halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura. Barang-barang yang dimusnahkan melibatkan berbagai jenis, termasuk arak bali, bir PNG, rokok ilegal, tembakau iris, metamfetamine (sabu-sabu), ganja selundupan, kayu masohi, dan amunisi.

Selain itu, artikel juga mencatat bahwa sepanjang tahun 2023, Bea Cukai Jayapura telah berhasil menegah barang ilegal lainnya dengan bantuan pihak TNI. Barang-barang tersebut termasuk metamfetamine (sabu-sabu) dari Malaysia, ganja selundupan dari Papua Nugini, kayu masohi, dan amunisi. Barang-barang tersebut terbukti tidak menggunakan pita cukai dan diselundupkan melalui laut dari Papua Nugini.

Dalam keseluruhan, pemusnahan barang ilegal ini dianggap sebagai upaya perlindungan masyarakat dan dunia usaha yang dilakukan oleh Bea Cukai. Bea Cukai berharap dapat terus berupaya dalam mengawasi dan melayani masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai serta mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memberantas barang-barang ilegal dan berbahaya.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1