60.87 F
Kepualauan Riau
April 15, 2024
https://www.regalianews.com

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Riau Pansus Perda Penanggulangan Bencana

DPRD Kepri

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Riau Pansus Perda Penanggulangan Bencana
Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, SH dan dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad

Regalia News – Pada tanggal 18 Maret 2024, DPRD Provinsi Kepulauan Riau menggelar Rapat Paripurna ke-06 dan ke-07 Masa Sidang Ke-1 Tahun Anggaran 2024. Rapat ini berlangsung di Ruang Balairung Wan Seri Beni, Pusat Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Dompak.

Acara tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Jumaga Nadeak, SH, dengan kehadiran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, dan para Kepala Perangkat/Wakil dari OPD Provinsi Kepulauan Riau.

Agenda utama rapat ini adalah memberikan Jawaban Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Kepulauan Riau terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Gubernur Ansar Ahmad secara resmi menyampaikan tanggapan pemerintah terhadap pemandangan umum yang telah disampaikan sebelumnya.

Ansar Ahmad menyatakan bahwa tanggung jawab pemerintah daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana melibatkan pengurangan risiko bencana serta pemaduan pengurangan risiko bencana dengan program pembangunan.

Rancangan Peraturan Daerah menekankan pada perlunya menyusun regulasi terkait rencana penanggulangan bencana yang mencakup program-program pembangunan daerah dalam upaya pengurangan risiko bencana. Rencana ini akan dijadikan hukum melalui Peraturan Kepala Daerah.

Selain itu, Ansar Ahmad juga menyoroti peran budaya lokal (kearifan lokal) dalam penanggulangan bencana di masyarakat dan keterlibatan masyarakat dalam hal tersebut.

Meskipun Naskah Akademik mencakup hal ini, namun diakui bahwa tidak terdapat penjelasan yang rinci mengenai peran kearifan lokal dalam konteks penanggulangan bencana di Provinsi Kepulauan Riau.

Keterlibatan masyarakat telah dilakukan melalui serangkaian kegiatan sosialisasi, yang menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam segala tahapan penanggulangan bencana.

Mengenai Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), penguatan kelembagaan tersebut telah dilakukan melalui Surat Keputusan Gubernur.

Diharapkan dengan langkah ini, kerjasama yang lebih efektif antar lembaga terkait dapat terwujud, meningkatkan efektivitas dalam mengurangi risiko bencana, serta meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana di masa depan.

Setelah mendengarkan jawaban Pemerintah, DPRD Provinsi Kepulauan Riau melanjutkan rapat dengan pembentukan Panitia Khusus terhadap Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Panitia Khusus tersebut dipimpin oleh Wahyu Wahyudi, A.Md sebagai Ketua, dengan Harlianto, S.Kom., MM dan Drs. Khazalik sebagai Wakil Ketua. Selain itu, terdapat anggota lainnya yang terpilih untuk bergabung dalam Panitia Khusus tersebut.

Rapat Paripurna ini merupakan langkah konkret dalam upaya meningkatkan penanggulangan bencana di Provinsi Kepulauan Riau, serta menunjukkan komitmen pemerintah dan DPRD untuk bekerja sama dalam hal tersebut.

Editor : Abdullah
Sumber : Humas DPRD Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1