79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Memperingati HUT RI ke-78 Tahun 2023, Menhan Prabowo Sampaikan Keberhasilan Terobosan di Bidang Pertahanan

Nasional

Memperingati HUT RI ke-78 Tahun 2023, Menhan Prabowo Sampaikan Keberhasilan Terobosan di Bidang Pertahanan
Foto Istimewa

Regalia News – Tema nasional peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini dipilih karena Indonesia telah berhasil mencapai berbagai pencapaian yang diakui oleh dunia.

Dalam peringatan HUT ke-78 diharapkan menjadi momen untuk meneruskan keberhasilan tersebut guna mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah nikmat yang patut disyukuri dengan menghormati jasa para pahlawan, dia juga menekankan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan sikap rela berkorban.

Menurutnya, upacara peringatan Hari Kemerdekaan adalah momen yang harus dihadapi dengan khidmat, sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan.

Dalam konteks pertahanan negara, Menhan Prabowo menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah berhasil mencapai terobosan-terobosan dalam bidang pertahanan untuk mewujudkan Indonesia maju. Beberapa keberhasilan ini meliputi:

  1. Stabilitas Pertahanan dan Keamanan: Upaya menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan negara merupakan langkah penting untuk mendorong pembangunan dan kemajuan. Terobosan ini mencakup pengamanan wilayah dalam rangka mendukung visi pemerintah untuk Indonesia maju.
  2. Kontribusi Industri Pertahanan: Peningkatan kontribusi industri pertahanan dalam negeri menjadi salah satu aspek penting dalam mencapai kemandirian pertahanan. Ini dapat berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan teknologi di Indonesia.
  3. Modernisasi Alutsista TNI: Peningkatan kemampuan dan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI merupakan bagian dari upaya memperkuat pertahanan negara. Pembaruan alutsista dapat memastikan bahwa TNI memiliki alat yang canggih dan efektif.
  4. Kerja Sama Pertahanan Internasional: Kerja sama pertahanan dengan negara-negara sahabat dapat memberikan manfaat berupa pertukaran pengetahuan, teknologi, dan pengalaman. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan pertahanan negara secara keseluruhan.
  5. Pengiriman Pasukan Misi Perdamaian PBB: Keberhasilan dalam pengiriman pasukan untuk misi perdamaian PBB menunjukkan komitmen Indonesia dalam mendukung perdamaian dan stabilitas global.
  6. Penetapan Komcad Gelombang Ketiga Tahun 2023: Penetapan Komandan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Komcad) gelombang ketiga tahun 2023 merupakan langkah strategis dalam memperkuat komando dan pengendalian pertahanan nasional.
  7. Keberhasilan Laporan Keuangan Kemhan: Pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menunjukkan manajemen keuangan yang baik dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana pertahanan.

Seluruh keberhasilan ini merupakan hasil terobosan dalam pembangunan sistem pertahanan negara dan mendukung visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia maju.

Dalam rangka peringatan HUT RI ke-78, tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus bersatu, berkontribusi, dan melangkah maju menuju masa depan yang lebih baik.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1