55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Lewat Operasi Gabungan, Bea Cukai Sita 9,5 Ribu Batang Rokok Ilegal

Hukum & Kriminal

Lewat Operasi Gabungan, Bea Cukai Sita 9,5 Ribu Batang Rokok Ilegal
Foto Istimewa

Regalia News – Wonosobo, 18 Oktober 2023 – Dalam upaya memberantas peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Magelang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Wonosobo, Kepolisian Resort (Polres), Komando Distrik Militer (Kodim), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo, telah berhasil menggelar operasi gabungan.

Pada tanggal 17 Oktober 2023, operasi ini dilaksanakan di Daerah Deroduwur, Mojotengah, dan menghasilkan penyitaan sebanyak 9,5 ribu batang rokok ilegal berbagai merek tanpa dilekati pita cukai.

Imam Sarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Magelang, menyatakan bahwa operasi gabungan ini adalah hasil sinergi antara Bea Cukai Magelang, Pemda Wonosobo, dan aparat penegak hukum setempat.

Melalui kerja sama yang baik, mereka berhasil mengamankan pelaku sekaligus memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada masyarakat dan pelaku usaha di Wonosobo mengenai ciri-ciri rokok ilegal serta dampak buruknya bagi masyarakat dan negara.

Imam menjelaskan bahwa kegiatan operasi bersama dalam pemberantasan rokok ilegal merupakan bagian dari fungsi Bea Cukai, yaitu sebagai pelindung masyarakat (community protector) dan pengumpul penerimaan (revenue collector).

Dengan operasi ini, mereka berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif peredaran rokok ilegal dan mengamankan penerimaan negara dari nilai cukai rokok atau hasil tembakau.

Bea Cukai Magelang berharap melalui upaya preventif dan represif ini, masyarakat dapat membedakan antara rokok yang legal dan ilegal. Imam menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya memberantas oknum-oknum yang melanggar peraturan perundang-undangan dan akan menindak tegas sesuai dengan sanksi yang ditetapkan dalam undang-undang.

“Imam menyatakan Gempur rokok ilegal akan terus digemakan oleh Bea Cukai Magelang dengan harapan dapat menekan tingkat peredaran rokok ilegal, sehingga masyarakat terlindungi dan penerimaan negara di sektor cukai terjamin.” tegasnya.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1