79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Flight Data Recorder Super Tucano Telah Ditemukan

Nasional

Flight Data Recorder Super Tucano Telah Ditemukan
Foto Istimewa

Regalia News – Penemuan flight data recorder dari dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU yang mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur pada 17 November 2023. Berikut adalah ringkasan berita:

Flight Data Recorder Ditemukan: TNI AU telah berhasil menemukan flight data recorder dari dua pesawat tempur Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103. Saat ini, alat tersebut telah berada di Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Jenis Alat yang Ditemukan: Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono, menjelaskan bahwa alat yang ditemukan bukan black box, melainkan Voice and Data Recorder / Net-Centric Data Cartridge. Alat ini berfungsi untuk menyimpan data penerbangan.

Tim Investigasi: Tim Pusat Kelaikudaraan dan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) dan Tim Skadron Teknik dari TNI AU telah berada di lokasi kecelakaan. Mereka telah memperoleh beberapa data yang akan diinvestigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Kecelakaan Pesawat: Dua pesawat tempur taktis Super Tucano milik Skadron Udara 21 Landasan Udara Abdulrachman Saleh mengalami kecelakaan saat melaksanakan misi profisiensi formation flight (terbang dalam formasi). Kecelakaan tersebut terjadi di Pasuruan, Jawa Timur, dan disebabkan oleh adanya awan tebal yang menghadang, menyebabkan kurangnya jarak pandang bagi para penerbang.

Fokus TNI AU: Saat ini, TNI AU berfokus pada pengamatan informasi terkait kecelakaan kedua pesawat tersebut. Investigasi lebih lanjut akan dilakukan untuk memahami secara detail penyebab kecelakaan dan langkah-langkah pencegahan di masa depan.

Editor : Abdullah

Sumber : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1