75.94 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

KPK: Jangan Jadikan Pemilu Ajang Kontestasi Transaksional

Politik

KPK: Jangan Jadikan Pemilu Ajang Kontestasi Transaksional
Foto Istimewa

Regalia News – Kontestasi politik, terutama dalam konteks Pilkada di Sumatera Barat, yang seringkali diwarnai oleh praktik korupsi. Berdasarkan hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Modal finansial atau politik uang memiliki pengaruh besar dalam menentukan pemenang Pilkada, dengan skala mencapai 95,5%. Faktor-faktor lain yang turut berperan meliputi modal sosial, popularitas, dan faktor petahana.

Amir Arief, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, menyampaikan bahwa kontestasi pemilu kini bukan hanya pertarungan ideologi, melainkan juga transaksi politik yang semakin umum. Sebagian besar ongkos politik digunakan untuk kampanye, dan seiring waktu, praktik transaksional semakin mendominasi proses politik.

KPK menekankan penolakan terhadap politik uang dan meminta masyarakat untuk menjadi tegas dalam menolaknya. Mereka juga mengingatkan penyelenggara negara, terutama di Sumatera Barat, untuk tidak memberikan iming-iming uang demi mendapatkan dukungan.

Amir Arief menyampaikan bahwa calon pemimpin seharusnya menunjukkan integritas dan kejujuran sejak awal pencalonan. KPK juga menggunakan pendekatan pencegahan korupsi dengan membangun Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

Kajian, pendorongan pelaporan dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), wajib melaporkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), dan sosialisasi tentang tindak korupsi pada penyelenggara negara.

Strategi Trisula Pemberantasan Korupsi yang disebutkan oleh Amir melibatkan pendidikan untuk membangun nilai antikorupsi, perbaikan sistem sebagai langkah pencegahan, dan penindakan untuk memberikan efek jera kepada pelaku korupsi.

Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi, menyambut baik upaya pencegahan korupsi yang dilakukan KPK. Ia menekankan pentingnya agar Sumatera Barat tidak mengulangi kesalahan masa lalu terkait korupsi, terutama setelah peristiwa korupsi APBD 2002 yang melibatkan sejumlah anggota DPRD.

Dengan demikian, artikel ini memberikan gambaran tentang upaya KPK dalam mencegah korupsi dalam konteks kontestasi politik di Sumatera Barat, serta menekankan pentingnya integritas dan transparansi dalam proses politik untuk mewujudkan pemilu yang bersih.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Hubungan Masyarakat

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1