55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Dinas PUPR Beberkan Hasil Inspeksi Dan Identifikasi Runtuhnya Plafon DPRD Kepri

DPRD Kepri

Dinas PUPR Beberkan Hasil Inspeksi Dan Identifikasi Runtuhnya Plafon DPRD Kepri
Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengadakan hearing bersama Dinas PUPR dan Pertanahan dan Sekretariat DPRD Kepulauan Riau

Regalia News – Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengadakan hearing dengan Dinas PUPR dan Pertanahan serta Sekretariat DPRD terkait runtuhnya plafon gedung DPRD Kepulauan Riau. Berikut adalah beberapa poin penting dari berita tersebut:

Tujuan hearing adalah mendengar laporan hasil inspeksi dan identifikasi Dinas PUPR dan Pertanahan terkait runtuhnya plafon gedung DPRD Kepulauan Riau.

Gedung DPRD mengalami kerusakan akibat terjangan puting beliung, Anggota Komisi III menyatakan bahwa perbaikan gedung sangat mendesak karena kegiatan anggota DPRD lumpuh akibat kerusakan gedung.

Ketua Komisi III menginginkan laporan dari Dinas PUPR terkait biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan gedung DPRD, Sekretaris Komisi III menyatakan perlunya membahas sumber pembiayaan perbaikan antara TAPD dan Badan Anggaran (Banggar).

Anggota Komisi III menyoroti perlunya rencana detail perbaikan gedung dan pembahasan skema pembiayaan, termasuk kemungkinan menggunakan biaya tak terduga (BTT) jika dikaitkan dengan faktor bencana.

Anggota Komisi III menyatakan bahwa kejadian ini merupakan ‘force majeure’ dan memerlukan langkah-langkah strategis dalam penanganannya.

Anggota Komisi III menyarankan pendampingan dari pihak kejaksaan, termasuk ‘legal opinion’ dari Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Sistem pengawasan perbaikan gedung juga dianggap penting, dan setiap gedung pemerintahan sebaiknya diasuransikan.

Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan menyebutkan hasil inspeksi dan identifikasi, termasuk kerusakan pada atap, plafon, mekanikal, elektrikal, karpet lantai, dan instalasi AC sentral.

Estimasi awal pembiayaan perbaikan gedung DPRD sekitar Rp 17,6 miliar, dengan rincian untuk penggantian atap, plafon, elektrikal, mekanikal, pengecatan bangunan, dan pekerjaan arsitektur.

Skema pembiayaan perbaikan gedung DPRD akan dibahas lebih lanjut, termasuk opsi dianggarkan di APBD Perubahan 2023, menggunakan perkada, dan menggunakan BTT.

Aktivitas Sementara proses perbaikan berlangsung, aktivitas kantor anggota DPRD akan dipindahkan ke Aula Wan Seri Beni Kantor Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya Hasil rapat ini akan disampaikan kembali kepada Komisi III pada rapat selanjutnya, mencakup berbagai aspek, termasuk urgensi perbaikan, pembiayaan, pengawasan, dan langkah-langkah strategis yang perlu diambil dalam mengatasi masalah gedung DPRD yang mengalami kerusakan.

Editor ; Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1