58.89 F
Kepualauan Riau
April 17, 2024
https://www.regalianews.com

Akhiri Lawatan ke Hannover, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kembali ke Tanah Air

Manca Negara

Akhiri Lawatan ke Hannover, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kembali ke Tanah Air
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sesaat sebelum bertolak ke tanah air dari Bandara Hannover, Jerman, Senin (17/04/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Regalia News – Pada hari Senin, 17 April 2023, setelah menghadiri serangkaian acara di Hannover Messe 2023, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Ibu Iriana Jokowi, beserta delegasinya, berangkat ke tanah air melalui Bandara Hannover di Hannover, Jerman.

Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden dan delegasinya lepas landas sekitar pukul 12.55 waktu setempat. Direktur Protokol Kementerian Luar Negeri Jerman Daniela Vogl, Kepala Protokol Negara Bagian Lower Saxony Mathias Woiwode.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno dan istrinya, dan Atase Pertahanan di Kedutaan Besar Indonesia di Berlin Kolonel Budi Wibowo dan istrinya nampak melepas Presiden dan Ibu Iriana.

Presiden dan rombongannya diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang pada Selasa, 18 April 2023, di pagi hari.

Ikut serta dengan Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan kembali ke Indonesia adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selama kunjungannya ke Hannover, Presiden Jokowi memulai hari keduanya di kota tersebut pada Minggu, 16 April 2023, dengan berjalan-jalan di pagi hari dan menyapa warga Indonesia di sekitar hotel tempat ia menginap.

Kemudian pada sore harinya, Presiden mengadakan pertemuan bisnis dengan tiga pimpinan perusahaan Eropa, yaitu BASF, Eramet, dan Volkswagen, melalui PowerCo. Pertemuan itu diadakan di Hotel Kastens Luisenhoff di Hannover.

Setelah itu, didampingi oleh Ibu Iriana, Presiden mengunjungi Balai Kota Hannover, di mana ia disambut oleh Walikota Belit Onay dan istrinya, Derya Onay. Di lokasi tersebut, Presiden dan Ibu Negara menandatangani buku emas ibu kota negara.

Kegiatan Presiden berlanjut dengan kehadirannya pada pembukaan Hannover Messe 2023 bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz di Hannover Congress Centrum (HCC).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia sangat terbuka terhadap investasi dan kerja sama, termasuk dalam industri hulu dan ekonomi hijau.

“Indonesia tidak menutup pintu, sebaliknya, kami sangat terbuka terhadap investasi dan kerja sama dalam pengembangan industri hulu di Indonesia,” kata Presiden.

Dalam membangun industri tersebut, Presiden menganggap bahwa Indonesia memiliki peluang yang sangat besar, seperti yang terlihat dari proyeksi nilai investasi dalam peta jalan industri hulu Indonesia, yang mencapai USD

Selain itu, Presiden mengadakan pertemuan bisnis dengan pelaku bisnis di Jerman, yang berlangsung di Hall 2 Hannover Fairground.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengundang Jerman untuk menjadi bagian penting dari kemajuan bersama dengan terus menjalin kemitraan bisnis saling menguntungkan, terutama karena kemitraan semacam itu telah terjalin sejak abad ke-18.

“Kemitraan Indonesia-Jerman ini dapat menjadi contoh baik kemitraan Utara-Selatan, kemitraan yang setara, saling menghormati, saling menguntungkan dan ini adalah wajah kemitraan untuk masa depan,” ucapnya.

Sumber : Setkab

Editor      : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1