83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Uang Milyaran Rupiah DJPL Audit BPK RI 2016 Kabupaten Bintan Raib Entah Kemana?

Hukum & Kriminal

Uang Milyaran Rupiah DJPL Audit BPK RI 2016 Kabupaten Bintan Raib Entah Kemana?
Tim BPK RI melakukan Pengumpulan data dan mendapatkan bukti print out rekening koran dana DJPL dari awal penyimpanan sampai tanggal 20 April 2017 hanya mendapatkan 17 perusahaan tambang yang melakukan penyimpanan Dana DJPL di PD BPR Bintan.

Regalia News – terkait perubahan kebijakan Dana Jaminan Pengelolaan Lingkungan (DJPL) dan Dana Kepedulian Terhadap Masyarakat (DKTM) pada pertambangan mineral bukan logam di Kabupaten Bintan. Beberapa poin yang dapat diidentifikasi dari kutipan tersebut adalah:

  1. Perubahan Besaran Penyetoran DJPL:

    • Besaran penyetoran DJPL berbeda-beda tergantung pada jenis tambang mineral bukan logam. Sebagai contoh, untuk pasir bangunan besarnya Rp 4.500,00 per M3, untuk Granit eksport adalah Rp 2.500,00 per Ton, dan untuk Granit lokal antar pulau adalah Rp. 2.000,00 per-M3.
    • Untuk tambang bauksit, tidak ada perubahan kebijakan.
  2. Hasil Audit BPK:

    • BPK melakukan audit terkait penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) dan menemukan permasalahan terkait DJPL pada 44 perusahaan pertambangan yang tidak diketahui.
    • Lampiran surat dari Direksi PD BPR Bintan menyebutkan data rekening terkait penyimpanan DJPL atas 17 perusahaan dengan total saldo tertentu.
  3. Pemeriksaan Rekening DJPL:

    • Tim BPK RI melakukan pengumpulan data dan menemukan bahwa hanya 17 perusahaan yang melakukan penyimpanan DJPL di PD BPR Bintan.
    • PT APP, sebagai contoh, melakukan penyetoran DJPL pada rekening Giro di PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK dan tidak pernah melakukan DJPL ke PD BPR Bintan.
  4. Print Out Rekening DJPL:

    • Print out rekening koran DJPL atas 17 perusahaan di PD BPR Bintan dan PT APP di PT BNI (Persero) TBK menunjukkan saldo tertentu per tanggal tertentu.
  5. Ketidakjelasan Data DJPL:

    • Distamben Kabupaten Bintan tidak memiliki rekapitulasi/rincian atas seluruh penyetoran DJPL dari perusahaan pertambangan di wilayah Kabupaten Bintan.
    • KASI BP3SDM tidak dapat memberikan penjelasan terkait 44 perusahaan yang tidak diketahui keberadaan penyimpanan DJPL karena tidak dilibatkan dalam pengelolaan DJPL.
  6. Pertanyaan Terkait 44 Perusahaan:

    • Tim BPK belum mendapatkan penjelasan jenis IUP yang diterbitkan beserta masa aktif dari 44 perusahaan yang tidak diketahui keberadaan penyimpanan DJPL.

Sebagai langkah selanjutnya, pemerintah setempat dan instansi terkait mungkin perlu menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan kepatuhan perusahaan-perusahaan tambang terhadap kebijakan DJPL dan untuk mengatasi ketidakjelasan data yang telah diidentifikasi.

.Penulis : Tim

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1