83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Perkembangan Perkara BAKTI Kominfo

Hukum & Kriminal

Perkembangan Perkara BAKTI Kominfo
Foto Istimewa

Regalia News – Konferensi pers yang diadakan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana dan Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kuntadi pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Memberikan informasi terkait perkembangan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 s/d 2022. Berikut adalah rangkuman dari konferensi pers tersebut:

Telah ada 14 orang yang ditetapkan sebagai Tersangka/Terdakwa oleh Tim Penyidik pada JAMPIDSUS,  6 orang tengah menjalani persidangan (Terdakwa), termasuk Anang Achmad Latif, Yohan Suryanto, Galumbang Menak Simanjuntak, Mukti Ali, Irwan Hermawan, dan Johnny G Plate, Beberapa Tersangka, termasuk WP dan YUS, masih dalam tahap penyelidikan.

Beberapa Tersangka, seperti JS, EH, MFM, WNW, NPWH alias EH, dan SR, masih dalam tahap penyidikan, Tersangka NPWH alias EH dan SR terlibat dalam perkara yang berbeda dengan perkara induk/pokok terkait tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur BTS.

Terhadap Tersangka SR telah dilakukan upaya paksa penangkapan, beserta penggeledahan di kediamannya,  Status Tersangka SR hingga saat ini merupakan pihak dari swasta murni, sementara status lainnya masih dipertanyakan.

Tersangka NPWH alias EH disangkakan pasal gratifikasi dan pasal penyuapan karena statusnya sebagai seorang penyelenggara negara yang menjabat sebagai komisaris di salah satu perusahaan BUMN,  Tim Penyidik akan terus mendalami terkait aliran dana sebesar Rp15 miliar yang terlibat dengan Tersangka NPWH alias EH.

Perkara korupsi ini dianggap berbeda karena terkait dengan penyerahan sejumlah uang, sehingga alat bukti yang diperlukan harus tepat dan lengkap, Direktur Penyidikan menyangkal isu yang beredar mengenai pihak Kejaksaan yang menerima aliran dana dari Tersangka NPWH alias EH.

Masyarakat diminta untuk tidak percaya pada pihak-pihak yang mengaku bisa mengurus perkara di Kejaksaan, Konferensi pers ini memberikan gambaran tentang perkembangan perkara korupsi dan langkah-langkah yang diambil oleh pihak penegak hukum untuk mengungkap kebenaran. Tim Penyidik terus melakukan pendalaman untuk memastikan keakuratan dan kebenaran informasi terkait dengan kasus tersebut.

Editor : Abdullah

Sumber : Kejaksaan Agung

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1