83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Jerman

Nasional

Regalia News – Pertemuan bilateral antara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier pada kunjungan kenegaraan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 16 Juni 2022. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah upaya kerja sama bilateral terutama dalam bidang ekonomi. Berikut beberapa poin utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut:

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama di Industri 4.0, khususnya dalam percepatan pengembangan sumber daya manusia (SDM), Telah ditandatangani MoU antara Kementerian Perindustrian Indonesia dengan Deutsche Messe AG dan Infineon AG, Indonesia akan menjadi partner country dalam Hannover Messe pada tahun 2023.

Kedua pemimpin membahas peningkatan investasi Jerman di industri berteknologi tinggi, termasuk investasi di sektor kendaraan listrik dari hulu sampai hilir, Presiden Jokowi mengajak industri Jerman untuk mengembangkan pabrik semikonduktor dan berinvestasi di kawasan industri hijau di Indonesia.

Presiden menekankan penguatan kerja sama perubahan iklim dan mengajak Jerman menjadi mitra Indonesia dalam mengolah potensi sumber energi baru terbarukan, Membahas dukungan Jerman dalam Green Infrastructure Initiative dan proyek-proyek terkait energi terbarukan di Indonesia.

Indonesia memegang presidensi G20, sedangkan Jerman memegang presidensi G7 pada tahun 2022, Kepala Negara mendorong kolaborasi antara kedua belah pihak, terutama dalam transisi energi yang menjadi prioritas bersama, Mengundang kontribusi Jerman dan negara-negara G7 dalam pengetahuan, teknologi, akses pendanaan, dan kerja sama riset di bidang energi,

Membahas perkembangan situasi di Ukraina dan kerja sama Indo-Pasifik, Presiden Jokowi menyampaikan posisi Indonesia terkait penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, serta mendorong penguatan kerja sama untuk mengatasi dampak perang Ukraina, khususnya terhadap pangan dan energi.

Menekankan pentingnya arsitektur kawasan Indo-Pasifik yang inklusif, kolaboratif, dan mendukung semangat multilateralisme dan perdamaian.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1