83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Edukasi, Literasi dan Sosialisasi Kunci Sukseskan Migrasi Siaran Analog Ke Digital

Provinsi Kepri

Edukasi, Literasi dan Sosialisasi Kunci Sukseskan Migrasi Siaran Analog Ke Digital
Kepala Diskominfo Kepri, Hasan berdialog dengan Kepala Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Kepri Henky Mohari dan Pengamat Komunikasi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Uly Sophia

Regalia News – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Riau terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai migrasi dari siaran analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO). Kepala Diskominfo Kepri, Hasan, berdialog dengan Kepala Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Kepri Henky Mohari dan Pengamat Komunikasi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Uly Sophia.

Dialog yang diselenggarakan oleh RRI Tanjungpinang ini membahas “Dampak Peralihan TV Analog ke TV Digital” dan melibatkan partisipasi masyarakat melalui telepon atau komentar di live Facebook. Wilayah Kepri, termasuk Tanjungpinang, Batam, Bintan, dan Karimun, masuk dalam layanan tahap I, dengan ASO dimulai pada 30 April hingga 2 November di seluruh Indonesia.

Hasan menekankan pentingnya sosialisasi mengenai istilah-istilah terkait ASO seperti siaran analog, siaran digital, Set Top Box (STB), layanan TV kabel, dan streaming. Dia memastikan bahwa layanan siaran digital gratis tanpa biaya berlangganan atau kuota internet.

Dengan geografis Kepri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, migrasi ini diharapkan dapat mengendalikan siaran dari luar dan meningkatkan konten lokal. Pemerintah tidak akan membatasi pilihan layanan masyarakat, dan migrasi ini memberikan opsi tambahan.

Kepala Diskominfo dan Ketua KPID Kepri menyoroti perbedaan istilah lembaga penyiaran, dan pemahaman masyarakat terhadap hal ini dianggap kunci kesuksesan ASO. Mereka menekankan pentingnya literasi masyarakat dan mengarahkan mereka ke laman resmi untuk informasi lebih lanjut.

Ketua KPID Kepri, Henky Mohari, menyebut bahwa migrasi dari siaran analog ke digital sudah direncanakan sejak tahun 2006, dan prosesnya sudah dimulai seiring dengan revisi UU Penyiaran. Sejarah migrasi di Indonesia dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura, yang sudah beralih ke siaran digital pada tahun 2019. UU Ciptaker No. 11 tahun 2020 menjadi dasar hukum bagi Indonesia dalam bermigrasi ke penyiaran digital.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1