79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Sering Banjir, Komisi III Tinjau Sistem Saluran Air Di Batam Kota

Sering Banjir, Komisi III Tinjau Sistem Saluran Air Di Batam Kota
Komisi III DPRD Kepulauan Riau meninjau lokasi banjir di jalan daerah Kampung Air, Batam Kota.

Regalia News – Adanya banjir di beberapa perumahan di Batam Kota, Kepulauan Riau, yang terjadi pada Senin, 14 Februari 2023. Banjir tersebut disebabkan oleh penyempitan saluran air dari daerah Kampung Air yang meluap dan melanda Perumahan Duta Mas, Legenda Bali, Legenda Malaka, dan sekitarnya.

Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Riau, Widiastadi Nugroho, memimpin peninjauan lokasi banjir dan mengungkapkan bahwa jika hujan terus menerus, wilayah tersebut akan terus mengalami banjir karena saluran air yang ada tidak cukup menampung debit air.

Widiastadi menyatakan bahwa permasalahan ini akan dibawa ke Musrenbang tingkat Provinsi untuk dianggarkan penanganannya pada tahun 2024. Kabid SDA Dinas PUPR dan Pertanahan Provinsi Kepulauan Riau, Andi Irawan, menyarankan solusi untuk menghindari banjir di masa mendatang adalah dengan menambah saluran air baru.

“Dia menyarankan pembuatan saluran air baru dengan panjang sekitar 350 meter menggunakan boxculvert lebar 1,5 sampai 2 meter, terutama melalui Perumahan Duta Mas”.tandasnya.

Andi Irawan juga mengemukakan solusi untuk mengatasi banjir di Perumahan Legendan Bali dan Legenda Malaka dengan mengubah saluran air yang melaluinya menjadi sungai dan melakukan pendalaman hingga jalan utama Simpang Kepri Mall menuju Telaga Punggur.

Pada ujungnya, akan dibuat pintu air dilengkapi dengan pompa air untuk memompa air ke Dam Duriangkang. Untuk pembuatan saluran baru dari simpang jalan Kampung Air hingga Perumahan Duta Mas, diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar.

Andi juga mengakui buruknya sistem saluran air di Batam dan menyarankan agar pemerintah Kota Batam memiliki master plan tentang sistem saluran air untuk menghindari gangguan pada sistem tersebut dari orang atau perusahaan yang mengajukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Editor : Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1