47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Rendezvous At Sea Bea Cukai Gelar Koordinasi Dengan Singapore Police Coast Guard

Hukum & Kriminal

Rendezvous At Sea, Bea Cukai Gelar Koordinasi Dengan Singapore Police Coast Guard
Foto Istimewa

Regalia News – Tanjungpinang, 14 Juli 2023 – Bea Cukai, bekerja sama dengan Singapore Police Coast Guard (SPCG), kembali mengadakan pertemuan antarinstansi di laut pada Rabu (12 Juli).

Kegiatan yang dilakukan di perairan Selat Singapura ini bertujuan untuk membahas kerja sama patroli perbatasan yang terkoordinasi antara kedua negara.

Tutut Basuki, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, menjelaskan bahwa patroli terkoordinasi tersebut bertujuan untuk mencegah dan membatasi kegiatan ilegal.

Seperti penyelundupan, kejahatan terorganisir lintas negara (TOC) yang terkait dengan masalah kepabeanan, dan perdagangan ilegal lainnya di perbatasan antara Indonesia dan Singapura.

“Jadi, Rendezvous at Sea oleh Bea Cukai dengan SPCG telah berlangsung sejak 3 Februari 2020. Tujuannya adalah untuk membahas hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan dan ruang lingkup kerja sama yang telah diatur dalam memorandum of understanding (MoU) dan standard operating procedures (SOP),” jelas Basuki.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Batam, Sisprian Subiaksono, Kepala Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Batam, Waloyo, Kepala PSO Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Asep Ridwan Ruswandi, dan pejabat-pejabat lain dari Bea Cukai. Sementara itu, SPCG diwakili oleh Komandan Patroli, Alex Quah, Komandan Skuadron Patroli Pesisir, Alan Ong, dan pejabat-pejabat lain dari SPCG.

Basuki menjelaskan bahwa tahun ini mereka membahas implementasi patroli terkoordinasi yang telah dilakukan dengan baik antara SPCG dan Bea Cukai. Pertukaran informasi mengenai barang-barang ilegal di masing-masing negara dilakukan karena adanya perbedaan regulasi terkait komoditas tertentu.

“Indonesia dan Singapura adalah negara pesisir di wilayah Selat Singapura yang memiliki tanggung jawab dan kepentingan untuk menjaga keamanan Selat Singapura di kedua sisi wilayah perairan teritorial masing-masing, terutama dalam bidang kepabeanan dan cukai,” tutup Basuki.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1