84.07 F
Kepualauan Riau
Juni 13, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Tangkap 12 Orang Pelaku TPPO Jaringan Malaysia

Hukum & Kriminal

Polri Tangkap 12 Orang Pelaku TPPO Jaringan Malaysia
Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan ( Foto Istimewa)

Regalia News – Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) telah mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang dengan modus operandi pengiriman pekerja migran ilegal dari Kabupaten Nunukan menuju Tawau, Malaysia.

Brigjen Ahmad Ramadhan, juru bicara Divisi Humas Polri, menyatakan bahwa 12 orang telah diidentifikasi sebagai tersangka dan saat ini berada dalam tahanan. Selain itu, tujuh orang lainnya telah didaftarkan sebagai orang yang dicari.

“Kami telah menahan 12 tersangka dan menyatakan tujuh orang sebagai orang yang dicari. Kami sedang mengambil tindakan hukum terhadap jaringan perdagangan orang yang beroperasi dengan mengirimkan pekerja migran ilegal dari Kabupaten Nunukan menuju Tawau, Malaysia,” kata Ramadhan dalam pernyataan pada Kamis, 15 Juni 2023.

Kasus ini diungkap oleh Satgas TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) Polri, bekerja sama dengan Polda Kalimantan Utara dan Polres Nunukan, antara tanggal 6 hingga 12 Juni 2023.

Ramadhan mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak mudah tergiur oleh tawaran pekerjaan di luar negeri yang menjanjikan gaji tinggi dan proses yang mudah. Ia menyarankan agar jika ingin bekerja di luar negeri, masyarakat harus menggunakan jalur resmi yang disediakan oleh Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

“Pekerja migran ilegal tidak akan menerima perlindungan sosial, kesejahteraan, dan hak-hak hukum,” tambahnya.

Para pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, khususnya Pasal 81 Jo Pasal 69 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Hukuman maksimal untuk tindak pidana ini adalah 10 tahun penjara dan denda maksimal sebesar Rp 600 juta.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1