71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Marak Pencurian Hewan Ternak di Purworejo, Polisi Amankan 3 Pelaku

Hukum & Kriminal

Marak Pencurian Hewan Ternak di Purworejo, Polisi Amankan 3 Pelaku
Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo, didampingi Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Catur Agus Y.P., pada saat konferensi pers Senin (13/5/2024).

Regalia News – Kasus pencurian hewan ternak kambing yang marak terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo memunculkan kekhawatiran di masyarakat. Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, bersama Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Catur Agus Y.P., pada saat konferensi pers Senin (13/5/2024)

Menjelaskan bahwa beberapa warga telah melaporkan kehilangan hewan ternak, termasuk Suwito (52) warga Desa Kaliwatukranggan Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo yang kehilangan 2 ekor kambing pada tanggal 3 Mei 2024 sekitar pukul 03.00 WIB.

Korban mendengar suara asing di malam hari diikuti suara kambing, yang membuatnya curiga. Setelah memeriksa kandang, ia menemukan bahwa dua ekor kambing miliknya telah dicuri dengan nilai kerugian sekitar Rp. 5.000.000,-. Korban juga melihat mobil jenis mini bus warna putih yang diduga membawa kambingnya menjauh dari rumah korban.

Tim Reskrim Polres Purworejo berhasil mengidentifikasi empat pelaku, di mana tiga di antaranya berhasil diamankan. Mereka adalah Sarwono (38), Amran (26), dan Boim (38).

Satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran. Modus operandi mereka melibatkan penyewaan mobil dan mencari sasaran di desa-desa pada malam hari untuk mencuri ternak kambing.

Pelaku menggunakan mobil untuk memindahkan kambing yang dicuri. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, diketahui bahwa kelompok pencuri ini telah melakukan 24 kasus pencurian kambing di 12 lokasi yang berbeda.

Hasil curian mereka dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membayar hutang, dan untuk kesenangan pribadi. Barang bukti yang berhasil diamankan termasuk dua mobil, satu terpal, dan uang tunai sejumlah Rp. 700.000,-.

Pelaku dihadapkan pada ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara atas tindak pidana Pencurian Dengan Pemberatan Pasal 363 ayat (1) ke 1, 3 dan ke 4 KUHP.

Editor : Abdullah
Sumber : Humas Kapolres Purworejo

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1