71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai Dampingi Mendag Ekspos Temuan Kapal Tanker Tanpa Izin Impor

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Dampingi Mendag Ekspos Temuan Kapal Tanker Tanpa Izin Impor

Regalia News – Palembang, 13-05-2024 Bea Cukai bekerja sama dengan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam mengungkapkan temuan terkait kapal tanker impor yang tidak memenuhi ketentuan impor hasil pengawasan di luar kawasan pabean (postborder) pada tanggal 8 Mei 2024 di Palembang, Sumatra Selatan.

“Kami telah menemukan kapal tanker senilai Rp50,9 miliar yang diimpor melalui Pelabuhan Boom Baru, Palembang, dan berada di bawah wilayah kerja Bea Cukai Palembang,” kata Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Indra Gautama Sukiman.

Kapal tanker tersebut telah memenuhi persyaratan kepabeanan dan perpajakan dengan memiliki kelengkapan Pemberitahuan Impor Barang (PIB).

Namun, kapal tersebut belum mematuhi ketentuan impor dari Kementerian Perdagangan karena termasuk dalam kategori barang modal tidak baru (BMTB).

Importir yang tidak memiliki perizinan berusaha di bidang impor barang tertentu, seperti BMTB, melanggar beberapa ketentuan, termasuk Pasal 3 ayat (1) Permendag Nomor 36 Tahun 2023 sebagaimana diubah dengan Permendag Nomor 7 Tahun 2024.

Meskipun telah memenuhi ketentuan kepabeanan dan perpajakan, Bea Cukai Palembang melakukan tindakan pengamanan dengan menyegel kapal tersebut untuk mencegah penggunaannya sebelum memenuhi ketentuan dari Kementerian Perdagangan.

Temuan ini juga disampaikan kepada Kementerian Perdagangan melalui sistem Indonesia National Single Window (INSW) milik Lembaga National Single Window, Kementerian Keuangan.

Bea Cukai bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, melalui Balai Pengawasan Tertib Niaga (BPTN) Medan, untuk melakukan tindakan pengamanan sementara terhadap kapal tanker tersebut.

Kapal tersebut berasal dari Tiongkok, memiliki berat kotor 1.970 ton, dan berkode HS 8901.20.50. Pelanggaran yang dilakukan oleh importir kapal tanker ini adalah tidak memiliki perizinan berusaha di bidang impor barang tertentu, yaitu Persetujuan Impor (PI).

Perwakilan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Dirjen PKTN Kemendag, Moga Simatupang, menjelaskan bahwa kapal tanker tersebut tiba di Indonesia pada 18 April 2024 sebelum mendapatkan perizinan impor dan persetujuan teknis (pertek) dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian.

Kapal tersebut direncanakan untuk beroperasi di Indonesia untuk mengangkut bahan bakar minyak dan aspal.

“Kapal ini merupakan Barang Modal Tidak Baru yang usianya 18 tahun. Kapal ini terdeteksi oleh kami berkat kerja sama BPTN Medan dan Bea Cukai Kantor Wilayah Sumatra Bagian Timur.

Kapal ini tidak mempunyai perizinan impor karena belum memiliki persetujuan teknis (pertek) dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian,” jelas Moga.

Moga juga menyatakan bahwa importir kapal tanker tersebut akan dikenakan sanksi administratif dan kapal harus diekspor ulang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sanksi ini sesuai dengan Pasal 61 ayat (2) Permendag Nomor 36 Tahun 2023 yang menyatakan bahwa barang yang diimpor tidak sesuai dengan ketentuan harus diekspor kembali, dimusnahkan, ditarik dari distribusi, atau diperlakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa ekspose ini merupakan komitmen Kementerian Perdagangan dalam mengawasi dan menegakkan hukum di bidang perdagangan. Pemerintah akan menindak pelaku usaha yang melanggar ketentuan untuk memberikan efek jera dan melindungi masyarakat dari kerugian konsumen di masa mendatang.

Mendag juga mengajak pelaku usaha untuk selalu mematuhi ketentuan impor yang berlaku untuk melindungi kepentingan masyarakat.

Pemerintah telah menyediakan kemudahan dalam mengurus izin di bidang perdagangan, dan pelaku usaha diharapkan patuh pada ketentuan yang berlaku.

Melalui ekspose ini, Kementerian Perdagangan ingin menyampaikan pesan kepada pelaku usaha agar mematuhi peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan.

Editor : Abdullah
Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1