75.94 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Larang Anggota Komentar Terkait Pilpres Hingga Kampanye di Pemilu 2024

Politik

Polri Larang Anggota Komentar Terkait Pilpres Hingga Kampanye di Pemilu 2024
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan

Regalia News – Langkah-langkah yang diambil oleh Polri untuk menjaga netralitas selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah langkah yang penting dalam memastikan bahwa proses pemilu berlangsung adil, transparan, dan demokratis.

Larangan-larangan yang diterapkan bertujuan untuk memastikan bahwa anggota Polri tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan menjaga netralitas sebagai bagian integral dari tugas mereka. Beberapa poin penting dari larangan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Dilarang mendeklarasikan bakal pasangan calon: Ini bertujuan agar anggota Polri tidak terlibat secara langsung dalam mendukung atau mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon tertentu.
  2. Dilarang menghadiri kegiatan politik: Anggota Polri tidak diperbolehkan menghadiri kegiatan politik, kecuali jika keterlibatan mereka berdasarkan surat perintah tugas yang sah.
  3. Dilarang mempromosikan gambar calon: Larangan ini mencakup penyebarluasan gambar atau foto bakal pasangan calon melalui berbagai media, termasuk media massa, media online, dan media sosial.
  4. Dilarang memberikan dukungan politik: Anggota Polri tidak diperbolehkan memberikan dukungan politik dalam bentuk apapun kepada partai politik atau pasangan calon.
  5. Dilarang menjadi pengurus tim sukses: Anggota Polri tidak boleh menjadi pengurus tim sukses pasangan calon atau menjadi bagian dari juru kampanye.
  6. Dilarang memberikan fasilitas dinas untuk kepentingan politik: Larangan ini melibatkan penggunaan fasilitas dinas atau pribadi untuk kepentingan politik.
  7. Dilarang memberikan komentar atau penilaian: Anggota Polri tidak diperbolehkan memberikan komentar atau penilaian terkait pasangan calon kepada keluarga atau masyarakat.
  8. Netralitas Polri: Ditegaskan bahwa netralitas Polri diwujudkan dengan tidak memihak dan tidak memberikan dukungan, baik materiil maupun imateril, kepada salah satu pasangan calon atau partai politik.
  9. Tidak menggunakan hak pilih: Anggota Polri tidak diperbolehkan menggunakan hak pilihnya, menegaskan komitmen netralitas mereka.

Langkah-langkah ini memiliki dasar hukum yang jelas, sebagaimana diatur dalam UU No. 2 tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Peraturan Polri Nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi Polri.

Sanksi yang sesuai dengan pelanggaran atau tindakan yang dilakukan juga diatur dalam peraturan tersebut. Dengan demikian, Polri berusaha memastikan bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan mematuhi prinsip-prinsip demokratis serta netralitas.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1