47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Betty: Kelola Big Data KPU Menjadi Informasi

Politik

Betty: Kelola Big Data KPU Menjadi Informasi
Foto Istimewa

Regalia News – Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu Tahun 2024 Tahap II dan Pelatihan Data Science di Kota Makassar pada tanggal 11 November 2023 menjadi momentum penting bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan. Anggota KPU, Betty Epsilon Idroos, bersama dengan Kepala Pusdatin Nur Wakit Aliyusron, serta Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan memimpin acara tersebut.

Dalam sambutannya, Betty Epsilon Idroos memaparkan tiga roadmap divisi data dan informasi KPU. Pertama, fokus pada pengelolaan data pemilih dari hulu sampai hilir. Kedua, manajemen semua sistem informasi yang dimiliki oleh KPU. Ketiga, penanganan manajerial big data dengan tujuan akhir terwujudnya Satu Peta Data Pemilu.

Betty menekankan pentingnya pengolahan big data menjadi informasi yang bermanfaat. Ia menjelaskan tiga langkah dalam mengelolanya, yaitu analisis data, visualisasi, dan storytelling atau penjelasan secara naratif. Adapun dalam pelatihan manajerial big data, KPU mengundang narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Google untuk memberikan wawasan terkait data.

Lebih lanjut, Betty menyampaikan bahwa melalui cekdptonline.kpu.go.id, pemilih dapat mengetahui alamat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terintegrasi dengan Google Maps. Ini diharapkan dapat memudahkan pemilih dalam menemukan lokasi tempat pemungutan suara mereka.

“Sampai detik ini cekdptonline.kpu.go.id banyak penggemarnya, cek dirinya sudah terdaftar, termasuk alamat TPS yang sudah kita pakai Google Maps,” ujar Betty.

Betty juga mengungkapkan bahwa setelah pemilu, divisi datin akan terlibat dalam Pilkada. Pencocokan dan Penelitian (Coklit) secara resmi akan dilakukan menjelang pelaksanaan Pilkada.

Rapat ini dihadiri oleh jajaran Setjen KPU serta peserta rakor yang terdiri dari Anggota KPU Provinsi dan Anggota KPU Kabupaten/Kota divisi datin, beserta admin/operator Sidalih se-Indonesia.

Editor : Abdullah

Sumbers :humas kpu ri tenri/foto tenri/ed dio

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1