83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

KN Kuda Laut-403 Bakamla RI Sailing Pass di Hari Nusantara

Nasional

KN Kuda Laut-403 Bakamla RI Sailing Pass di Hari Nusantara
Bakamla RI melalui unsur KN Kuda Laut-403 turut meriahkan peringatan tersebut di Tidore, Maluku Utara

Regalia News – Pada Hari Nusantara tahun 2023, Bakamla RI melalui unsur KN Kuda Laut-403 turut meriahkan peringatan tersebut di Tidore, Maluku Utara. Dalam kegiatan Sailing Pass, KN Kuda Laut-403 berperan sebagai Penjuru Divisi 3, dengan unsur-unsur dari berbagai instansi kemaritiman di belakangnya. Acara ini diadakan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Hari Nusantara tahun ini berpusat di Tidore, Maluku Utara, dengan tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah.” Tema ini mencerminkan harapan untuk mengangkat kembali posisi Tidore sebagai pusat peringatan Hari Nusantara dan mengingatkan pada sejarahnya sebagai pusat rempah-rempah, terutama cengkeh, pada dekade 60-70an.

Peringatan Hari Nusantara memiliki tujuan untuk memperingati lahirnya Deklarasi Djuanda, yang menyatakan bahwa seluruh perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau di wilayah NKRI adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.

Keppres No.103/1963 dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 menguatkan bahwa seluruh perairan Nusantara Indonesia merupakan satu lingkungan laut yang berada di bawah pengamanan Angkatan Laut Republik Indonesia.

Penting untuk dicatat bahwa Deklarasi Djuanda juga diperkuat oleh UNCLOS 1982, yang diakui melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kedaulatan atas seluruh perairan di sekitar kepulauan tersebut.

Pada 11 Desember 2001, Presiden RI Megawati Soekarnoputri menetapkan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001.

Dalam peringatan Hari Nusantara tersebut, hadir berbagai tokoh penting, antara lain Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi, KASAL Laksamana Muhammad Ali, dan perwakilan dari Bakamla RI, yaitu Deputi Operasi dan Latihan Laksda TNI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M.

Editor : Abdullah

Sumber : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara,S.Pd

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1