79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Bareskrim Polri Akan Periksa Kembali Panji Gumilang

Hukum & Krimnal

Bareskrim Polri Akan Periksa Kembali Panji Gumilang
Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan

Regalia News – Polisi telah mengumumkan bahwa Panji Gumilang akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Penyelidikan ini terkait dengan dugaan kasus penistaan agama di Pondok Pesantren Al-Zaytun (Ponpes).

Sebelumnya, polisi menerima dua laporan polisi pada tanggal 23 Juni dan satu lagi pada tanggal 27 Juni. Salah satu laporan, yang melibatkan tersangka yang sama, telah dipindahkan dari Kepolisian Daerah Jawa Barat ke Direktorat Kriminal Umum (Bareskrim) Kepolisian Nasional.

Secara total, telah ada tiga laporan polisi dengan tersangka dan subjek yang sama. Sejauh ini, polisi telah memeriksa 19 saksi dan memeriksa satu ahli bahasa.

Brigjen Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Nasional, menjelaskan bahwa jadwal pemeriksaan pendiri Pondok Pesantren Al-Zaytun belum ditentukan. Para penyidik masih melengkapi pemeriksaan terhadap para saksi ahli.

“Setelah itu, Panji Gumilang akan dipanggil sebagai saksi. Sesinya yang pertama untuk klarifikasi, dan dalam fase penyidikan ini, yang bersangkutan akan dipanggil kembali sebagai saksi,” menyatakan Kepala Biro Penerangan pada RSPAD pada hari Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut Kepala Biro Penerangan, para penyidik juga sedang menunggu fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai bukti tambahan.

Dia juga menambahkan bahwa hari ini, saksi ahli dalam bidang bahasa, sosiologi, dan teknologi informasi dan transaksi elektronik (ITE) akan diperiksa. Saksi ahli agama berasal dari Kementerian Agama, MUI,

Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. Para penyidik juga sedang menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium forensik.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi ahli, para penyidik akan mengadakan konferensi kasus setelah semua saksi, saksi ahli, dan hasil laboratorium mengenai objek dan bukti tersedia. Tujuan konferensi kasus adalah untuk menentukan apakah Panji Gumilang dapat dinyatakan sebagai tersangka atau tidak.

“Hari ini, kami akan memeriksa para ahli agama, sosiologi, dan ITE. Para ahli agama berasal dari Kementerian Agama, MUI, NU, dan Muhammadiyah. Para penyidik masih menunggu fatwa dari MUI,” jelasnya.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1