72.34 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Pemerintah Sesuaikan Tarif Listrik 3.500 VA ke Atas dan Golongan Pemerintah

Ekonomi

Golongan pelanggan rumah tangga di bawah 3.500 VA, bisnis, dan industri tarifnya tetap Read more: https://setkab.go.id/pemerintah-sesuaikan-tarif-listrik-3-500-va-ke-atas-dan-golongan-pemerintah/

Regalia News – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), telah menetapkan penyesuaian tarif tenaga listrik untuk triwulan III tahun 2022, yang berlaku pada periode Juli-September 2022.

Penyesuaian tarif ini terutama diberlakukan kepada golongan pelanggan rumah tangga berdaya mulai 3.500 VA ke atas (R2 dan R3) dan golongan pemerintah (P1, P2, dan P3), yang secara keseluruhan merupakan golongan pelanggan nonsubsidi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Rida Mulyana, menyatakan bahwa penyesuaian tarif ini dilakukan untuk mewujudkan tarif listrik yang lebih adil. Golongan pelanggan di bawah 3.500 VA, bisnis, dan industri tetap tidak terkena penyesuaian tarif. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk tidak memberikan bantuan kepada masyarakat yang mampu secara ekonomi.

Rida menekankan bahwa golongan pelanggan bersubsidi tidak terkena penyesuaian tarif listrik, dan pemerintah tetap berkomitmen memberikan subsidi listrik kepada yang berhak, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

Tariff adjustment sendiri telah diterapkan sejak tahun 2014 untuk pelanggan nonsubsidi guna memastikan subsidi listrik yang tepat sasaran. Namun, sejak tahun 2017 hingga triwulan II-2022, pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan tariff adjustment secara otomatis.

Penetapan tariff adjustment setiap triwulan didasarkan pada perubahan empat asumsi makro, yaitu kurs, harga minyak mentah Indonesia (ICP), inflasi, dan Harga Patokan Batu Bara (HPB). Rida menjelaskan bahwa perkembangan empat indikator asumsi makro tersebut berpengaruh signifikan terhadap Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik, yang pada akhirnya memengaruhi perhitungan tariff adjustment.

Rida juga memberikan contoh penyesuaian tarif untuk beberapa golongan pelanggan, seperti pelanggan rumah tangga R2 dan R3 serta pelanggan pemerintah P1, P2, dan P3. Ia mencatat bahwa penyesuaian tarif pada triwulan III-2022 ini berdampak kecil terhadap inflasi, sekitar 0,019 persen, menurut data Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Kementerian ESDM berharap bahwa PT. PLN (Persero) dapat terus meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan penjualan tenaga listrik, dan menjaga atau menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik per kWh dari tahun sebelumnya.

Selain itu, kemungkinan penyesuaian tarif tenaga listrik ke depannya akan tergantung pada pulihnya sektor bisnis dan industri serta perkembangan indikator makroekonomi lainnya

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1