https://www.regalianews.com
Image default

Mendagri Bersama Gubernur Kepri Berkunjung ke Pulau Karang Singa

Batam

Regalia News –  Kamis (13/1/2022) Kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian ke pulau Karang Singa di Kepulauan Riau tampaknya menjadi langkah strategis dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya terhadap klaim wilayah oleh Malaysia terkait pulau tersebut.

Beberapa poin penting dari kunjungan tersebut:

  1. Koordinasi dengan Zona Keamanan Laut (Kamla) Maritim Barat: Kunjungan ini dikoordinasikan oleh zona Keamanan Laut (Kamla) Maritim Barat, menunjukkan fokus pada keamanan laut dan upaya untuk menjaga wilayah perbatasan, terutama di pulau-pulau terdepan.

  2. Posisi Strategis Pulau Karang Singa: Pulau Karang Singa memiliki posisi yang strategis, berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Pada beberapa kesempatan, pulau ini diklaim oleh Malaysia, sehingga kunjungan ini dianggap sebagai langkah untuk memastikan keutuhan wilayah NKRI.

  3. Upaya Mempertahankan Kedaulatan: Langkah-langkah konkret untuk mempertahankan kedaulatan NKRI di antaranya adalah pembangunan mercusuar dan helipad di pulau Karang Singa. Ini diharapkan dapat mengantisipasi klaim dan memperkuat keberadaan Indonesia di pulau tersebut.

  4. Pentingnya Wilayah Kepulauan Riau: Mendagri Tito Karnavian menekankan pentingnya Kepulauan Riau sebagai jalur perdagangan dunia yang strategis. Keberadaan Indonesia di jalur ini dianggap sebagai faktor penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan.

  5. Komitmen untuk Kepentingan Bangsa: Mendagri Tito Karnavian menegaskan bahwa kunjungannya dilakukan demi kepentingan bangsa Indonesia. Kewaspadaan dan tindakan proaktif diperlukan untuk mencegah klaim wilayah yang dapat merugikan kedaulatan NKRI.

  6. Dukungan Gubernur Kepulauan Riau: Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menyampaikan harapannya bahwa kunjungan Mendagri ini akan membawa semangat dan keyakinan bagi masyarakat Kepulauan Riau dalam menjaga kedaulatan bangsa dan aset-aset negara.

Dengan adanya pembangunan mercusuar dan helipad, pemerintah pusat berupaya memberikan sinyal kuat bahwa pulau tersebut adalah bagian integral dari NKRI dan untuk mencegah klaim dari negara lain.

Editor : Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1