83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Ponakan Wamenkumham Ditahan Polri Kasus Pencemaran Nama Baik

Hukum & Kriminal

Ponakan Wamenkumham Ditahan Polri Kasus Pencemaran Nama Baik
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol, Adi Vivid Agustiadi Bachtiar.

Regalia News – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menahan Archi Bela (AB). Archi adalah keponakan dari Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej.

Direktur Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan bahwa Archi ditahan setelah diperiksa sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dan manipulasi informasi elektronik pada Kamis (11/5/2023).

“Ya, tersangka AB berada dalam kasus pencemaran nama baik dan manipulasi informasi elektronik,” kata Adi Vivid kepada wartawan pada Jumat (11/5/2023).

Adi Vivid menjelaskan bahwa penahanan tersebut didasarkan pada kasus pencemaran nama baik dan manipulasi informasi elektronik, yang diatur dalam Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE atau Pasal 310 atau Pasal 311 KUHP.

Dalam kasus ini, Archi dilaporkan oleh Wamenkumham Edward Omar. Archi diduga menggunakan nama Wamenkumham untuk menjanjikan beberapa orang promosi.

“Kronologinya adalah dia (Archi) menggunakan nama Wamenkumham dan menjanjikan untuk membantu dengan promosi,” kata Adi.

Sementara itu, pengacara Archi, Slamet Yuono, menyesalkan langkah yang diambil oleh penyidik Bareskrim Polri dalam menahan kliennya.

Menurutnya, ada surat edaran bersama yang ditandatangani oleh Kepolisian Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kejaksaan Agung yang menyatakan bahwa kasus yang terkait dengan UU ITE harus diselesaikan melalui keadilan restoratif.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1