47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Peringatan Terhadap Penipuan di E-commerce Yang Mengatasnamakan Bea Cukai

Hukum & Kriminal

Peringatan Terhadap Penipuan di E-commerce yang Mengatasnamakan Bea Cukai
Penipuan di E-commerce Yang Mengatasnamakan Bea Cukai

Regalia News – Industri e-commerce terus berkembang pesat di Indonesia, menjadi salah satu penggerak ekonomi digital. Menurut Laporan Perilaku Konsumen e-commerce Indonesia 2023 oleh Kredivo dan Katadata Insight, festival belanja online, terutama pada 12 Desember (12.12) dan 11 November (11.11), mencatatkan volume transaksi tinggi, meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan rata-rata harian.

Namun, seiring dengan peningkatan transaksi, masyarakat perlu mewaspadai modus penipuan, terutama yang melibatkan modus olshop dan mengatasnamakan Bea Cukai. Menurut Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, terdapat 393 laporan pengaduan penipuan di bulan Oktober 2023, dengan modus olshop mendominasi (49%) dan total kerugian mencapai 47% dari total pengaduan Januari hingga Oktober 2023.

Encep menekankan bahwa masyarakat harus berhati-hati dalam bertransaksi, terutama terhadap harga yang tidak wajar. Ia merekomendasikan pemanfaatan teknologi informasi, seperti cek status dan tagihan barang kiriman di beacukai.go.id/barangkiriman, pengecekan kebenaran rekening di cekrekening.id, dan menggunakan aplikasi GetContact untuk memverifikasi kontak penjual.

Pelaku penipuan cenderung menggunakan manipulasi psikologis untuk meminta korban mengirim sejumlah uang ke rekening pribadi dalam waktu tertentu, dengan ancaman dan memanfaatkan ketakutan korban. Encep menegaskan bahwa pajak dalam rangka impor (PDRI) hanya dikenakan untuk barang impor dan pembayarannya menggunakan kode billing yang masuk ke rekening negara, bukan rekening pribadi.

Encep mengimbau masyarakat untuk tidak ragu memutuskan kontak dengan penipu dan melaporkan indikasi penipuan ke contact center Bea Cukai (1500225) atau melalui media sosial resmi Bea Cukai. Jika terjadi penipuan, dapat melaporkan ke Polri melalui patrolisiber.id atau mengunjungi kantor polisi.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1