79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Resmikan Sirkuit Mandalika, Presiden: Siap Digunakan Untuk Ajang Kelas Dunia

Nasional

Resmikan Sirkuit Mandalika, Presiden: Siap Digunakan Untuk Ajang Kelas Dunia
Presiden Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika, di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Kris) Sumber: https://setkab.go.id/resmikan-sirkuit-mandalika-presiden-siap-digunakan-untuk-ajang-kelas-dunia/

Regalia NewsPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (12/11/2021). Dalam sambutannya, Presiden menyatakan keyakinannya bahwa sirkuit tersebut siap digunakan untuk menyelenggarakan ajang-ajang kelas dunia.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 kilometer dan menggunakan teknologi aspal terbaru, yaitu stone mastic asphalt (SMA). Presiden mengumumkan bahwa sirkuit ini akan mendukung penyelenggaraan event kelas dunia, termasuk World Superbike 2021 yang akan segera diselenggarakan dan MotoGP pada bulan Maret 2022.

Selain meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden juga meresmikan jalan bypass sepanjang 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika. Jalan ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh antara bandara dan KEK Mandalika menjadi hanya 15 menit.

Presiden Jokowi bahkan mencoba sirkuit tersebut secara langsung dengan mengendarai motor pribadinya. Meskipun kondisi sirkuit yang diguyur hujan membuatnya lebih berhati-hati, Presiden menyatakan kesulitan menghadapi tikungan tajam sirkuit tersebut.

Selain aspek olahraga, Presiden juga menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam pelaksanaan ajang internasional di Sirkuit Mandalika, mengingat pandemi COVID-19. Beliau menyampaikan bahwa protokol kesehatan ketat harus diterapkan, dan Satgas akan mendampingi setiap event untuk memastikan kepatuhan terhadap protokol tersebut.

Presiden Jokowi berharap bahwa Sirkuit Mandalika dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Dengan adanya event bergengsi seperti World Superbike dan MotoGP, diharapkan akan memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Turut hadir dalam acara peresmian ini beberapa pejabat tinggi, antara lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer.

Sumber : BPMI SETPRES/AIT

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1