https://www.regalianews.com
Image default

Presiden: Kunci Utama Pemulihan Bali Ialah Kemampuan Tangani Pandemi

Nasional

Regalia News – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Pesta Kesenian Bali ke-43 secara virtual pada Sabtu, 12 Juni 2021. Meskipun dalam suasana pandemi, ribuan seniman dari berbagai komunitas Bali tetap berpartisipasi dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Hal ini menunjukkan bahwa pandemi tidak menghentikan kreativitas dan produktivitas masyarakat Bali.

Presiden Jokowi mengapresiasi semangat kreativitas dan produktivitas masyarakat Bali yang tetap tumbuh di tengah tekanan pandemi. Tema Pesta Kesenian Bali ke-43 adalah “Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi,” yang menggambarkan bahwa jiwa yang paripurna seperti napas pohon kehidupan.

Presiden memberikan penghargaan terhadap pemilihan tema yang mempromosikan pemuliaan flora fauna, semangat konservasi, dan hidup harmoni dengan alam sebagai upaya penyembuhan peradaban dari pandemi.

Presiden menyoroti pentingnya memahami warisan susastra yang memberikan pelajaran tentang wabah dan cara mencegah serta beradaptasi. Dia menekankan bahwa pemulihan ekonomi Bali bergantung pada kemampuan menangani pandemi, termasuk kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, percepatan vaksinasi, dan efektivitas PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat untuk mencegah penularan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa Bali harus menunjukkan kepada dunia bahwa ini adalah destinasi wisata yang aman dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ia mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah, para seniman, dan seluruh masyarakat Bali yang terus berkarya, mengembangkan seni, dan merawat tradisi adiluhung kebudayaan Bali sambil menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Sumber : BPMI SETPRES/UN

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1