49.03 F
Kepualauan Riau
April 18, 2024
https://www.regalianews.com

Pemilik 280 Gram Sabu Divonis Hanya Sembilan Tahun

Hukum & Kriminal

M,Sahlan alias Lan, terdakwa sebagai pemilik 5 paket narkoba jenis sabu seberat 280, 51 gram ini divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang selama 9 tahun penjara, ditambah denda Rp1 Miliar subsider 2 bulan kurungan dalam sidang, Rabu (12/8/2020).

Regalia News M,Sahlan alias Lan, terdakwa sebagai pemilik 5 paket narkoba jenis sabu seberat 280, 51 gram ini divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang selama 9 tahun penjara, ditambah denda Rp1 Miliar subsider 2 bulan kurungan dalam sidang, Rabu (12/8/2020).

Majelis hakim PN Tanjungpinang dipimpin Bungaran Pakpahan SH MH menyatakan,terdakwa Sahlan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual,menjual, membeli,menerima,menjadi perantara dalam jual beli,menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I jenis Sabu yang beratnya melebihi 5 gram.”terdakwa telah terbukti bersalah sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) melanggar ketentuan Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,”ujar majelis hakim.

Vonis majelis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU sebelumnya terhadap terdakwa selama 13 tahun penjara ditambah denda Rp.1 Miliar subsider 6 bulan pejara.

Dalam sidang terungkap,perbuatan terdakwa berawal,Rabu 26 Februari 2020 sekira jam 11.00 WIB saat sedang berada dirumahnya di daerah Tanjung Uban Kabupaten Bintan,kemidian dihubungi oleh saudara Madi (DPO) yang mengatakan ada rekannya yang sedang membutuhkan orang untuk suatu pekerjaan.

Lalu terdakwa yang saat itu sedang tidak memiliki pekerjaan langsung menyanggupi tawaran itu,dan tidak lama kemudian saudara Madi bernama saudara Babe (DPO) saat itu meminta terdakwa untuk datang ke Tanjungpinang.

Sesampainya di Tanjungpinang saudara Babe meminta terdakwa untuk pergi ke RSUP Raja Ahmad Thabib, dan saat terdakwa duduk-duduk di kedai kopi sekitar RSUP Tanjungpinang,saudara Babe menghubungi terdakwa kembali dan memintanya masuk ke dalam area parkiran di dekat Mushola RSUP,kemudian meminta terdakwa untuk mencari 1 buah kantong plastik warna hitam yang ada di dekat pagar yang berisi 1 paket besar Narkotika Golongan I jenis shabu dalam plastik bening, termasuk seperangkat alat hisap sabu (Bong).

Kemudian terdakwa kembali lagi ke kedai kopi dimana terdakwa menunggu sebelumnya,dan tidak lama kemudian saudara Babe menghubungi terdakwa kembali,meminta agar terdakwa pulang ke rumah dengan membawa 1 kantong plastik warna hitam yang berisikan 1 paket besar sabu dan seperangkat alat hisap sabu tersebut,namun terdakwa tidak langsung pulang ke rumahnya melainkan terdakwa pergi ke wisma Pesona yang ada di batu 8 Kota Tanjungpinang untuk beristirahat.

Saat di wisma Pesona,terdakwa bagi-bagi paket besar sabu itu menjadi 3 paket sedang dibungkus plastik bening dan 1 paket kecil,keesok harinya,yakni Kamis 27 Februari 2020 sekira jam 15.00 WIB terdakwa pergi dari wisma Pesona menuju ke Pelabuhan Seri Bintan Pura bermaksud untuk pergi ke Kota Batam.

Sekira jam 17.00 WIB terdakwa tiba di Pelabuhan Seri Bintan Pura Tanjungpinang tepatnya disamping Bank Panin yang ada di Jl.Merdeka Kota Tanjungpinang,saat terdakwa sedang berdiri ditempat tersebut datang dua anggota Polisi dan menangkapnya guna proses hukum lebih lanjut,

Liputan : Tim

Editor   :  Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1