79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Kejaksaan Mendorong Hukum Menjadi Panglima di Negeri Ini

Hukum & Kriminal

Kejaksaan Mendorong Hukum Menjadi Panglima di Negeri Ini
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariyandi Putra, serta Ahli Hukum Luar Negeri Prof. Hikmanto Juwana, Ph.D., hadir sebagai narasumber.

Regalia News – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan RI 2024 memiliki beberapa poin menarik yang menunjukkan komitmen penguatan Kejaksaan dalam berbagai aspek. Beberapa hal yang menonjol dari Rakernas tersebut antara lain:

  1. Dukungan dari Narasumber Ternama:
    • Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariyandi Putra, serta Ahli Hukum Luar Negeri Prof. Hikmanto Juwana, Ph.D., hadir sebagai narasumber. Mereka secara keseluruhan memberikan dukungan terhadap penguatan Kejaksaan dari berbagai segi.
  2. Pentingnya Penguatan Kejaksaan:
    • Kejaksaan diakui sebagai Dominus Litis yang harus kuat dalam penanganan perkara, tidak hanya dari segi kelembagaan, keuangan, atau sarana dan prasarana, tetapi juga dalam penguatan kapasitas SDM.
  3. Tantangan Kejahatan Internasional:
    • Kejahatan internasional, termasuk kejahatan lintas negara dan dunia siber, diakui sebagai ancaman yang semakin berkembang. Mitigasi risiko terhadap kejahatan terkait Teknologi Informasi menjadi fokus penting.
  4. Proses Metamorfosis Penegakan Hukum Modern:
    • Jaksa Agung ST Burhanuddin menyoroti syarat utama untuk menuju Indonesia Emas 2045, termasuk keandalan institusi, SDM yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai, serta akses informasi yang mudah dan transparan.
  5. Transformasi Digital dan Transnasional:
    • Indonesia dihadapkan pada perpaduan tidak terhindarkan dari transformasi digital dan transnasional dalam penegakan hukum. Komitmen untuk menjadi bagian dari komunitas multinasional dan global dalam sistem hukum diakui sebagai langkah penting.
  6. Penegakan Hukum Humanis:
    • Jaksa Agung ST Burhanuddin menekankan pentingnya penegakan hukum humanis yang berfokus pada nilai-nilai kemanusiaan, dengan solusi-solusi pragmatis di luar pengadilan.
  7. Optimalisasi Intelijen:
    • Peran intelijen sebagai penopang penegakan hukum diakui sebagai kunci penting dalam menciptakan informasi dini untuk pengambilan kebijakan.
  8. Peran Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara:
    • Bidang ini diakui sebagai elemen penting dalam melakukan negosiasi internasional dan pengambilan keputusan terkait kebijakan strategis negara yang berdampak hukum internasional.
  9. Tantangan dan Kompleksitas Ke Depan:
    • Jaksa Agung menyampaikan kesadaran akan tantangan dan kompleksitas penegakan hukum ke depan. Menekankan perlunya persiapan Insan Adhyaksa yang dapat menjadikan hukum sebagai panglima di negeri ini.

Melalui fokus pada penguatan institusi, SDM, teknologi informasi, dan kerja sama internasional, Rakernas ini menandakan keseriusan dalam memajukan penegakan hukum di Indonesia.

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1