79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Fraksi DPRD Sampaikan Pandum Terhadap Ranperda RUED Kepri Tahun Anggaran 2023-2050

DPRD Kepri

Fraksi DPRD Sampaikan Pandum Terhadap Ranperda RUED Kepri Tahun Anggaran 2023-2050
Foto Istimewa

Regalia News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Rapat Paripurna ke-08 dalam Masa Sidang Ke-3 Tahun Anggaran 2023 di Ruang Balairung Wan Seri Beni Pusat Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Dompak, pada hari Senin, 11 September 2023.

Agenda utama Rapat Paripurna ini adalah untuk mendiskusikan Pemandangan Umum dari berbagai Fraksi DPRD Provinsi Kepulauan Riau terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kepulauan Riau untuk Tahun Anggaran 2023-2050.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Jumaga Nadeak, dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina, serta kepala perangkat atau wakil dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepulauan Riau.

Selama rapat Paripurna ini, setiap Fraksi DPRD Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan pandangan umum mereka terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kepulauan Riau untuk Tahun Anggaran 2023-2050.

Wakil atau juru bicara dari setiap Fraksi membacakan pandangan umum Fraksi mereka terhadap RUED tersebut. Beberapa nama yang menjadi juru bicara dari masing-masing Fraksi antara lain:

  1. Dr. Sahat Sianturi, S.H., M.Hum (Fraksi PDI-Perjuangan)
  2. H. Surya Sardi, S.T., M.M (Fraksi Golkar)
  3. Yusuf S.Mn., M.M. (Fraksi PKS)
  4. Sahmadin Sinaga, S.E., M.M (Fraksi Nasdem)
  5. Ir. Onward Siahaan, S.H., M.Hum (Fraksi Gerindra)
  6. Hj. Deby Maryanti, A.Md (Fraksi Demokrat)
  7. Uba Ingan Sigalingging, S.Sn (Fraksi Hanura-PAN)
  8. Dr. H. Irwansyah, S.E., M.M (Fraksi PKB-PPP)

Sahmadin Sinaga, sebagai juru bicara dari Fraksi Nasdem, memberikan catatan penting terhadap RUED Provinsi Kepulauan Riau. Fraksi Nasdem menganggap bahwa Pemerintah Daerah memiliki peran sentral dalam mengawal penggunaan Sumber Daya Daerah untuk mencapai target transisi menuju energi terbarukan.

Mereka juga mempertanyakan kesiapan daerah dalam menerapkan target energi terbarukan serta mengadopsi kebijakan untuk mendorong konsumsi lokal dan pembangkitan energi terbarukan.

Fraksi Nasdem juga menyoroti perlunya percepatan pengembangan energi terbarukan dalam sektor-sektor tertinggal seperti bangunan dan transportasi. Mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan dalam sektor-sektor berpolusi tinggi dianggap penting untuk menciptakan kota yang berkelanjutan, adil, dan tangguh.

Setelah semua Fraksi menyampaikan pandangan umum mereka, pimpinan rapat menyatakan bahwa semua masukan, saran, dan perbaikan yang terkandung dalam pandangan umum Fraksi akan menjadi catatan untuk ditindaklanjuti.

Sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah. Rapat ini juga diakhiri dengan harapan bahwa RUED ini dapat menjadi instrumen yang kuat untuk pembahasan lebih lanjut.

Editor : Abdullah

Sumber : DPRD Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1