79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

18 Laporan Transaksi Mencurigakan Jadi Prioritas Satgas TPPU Polri

Hukum & Kriminal

18 Laporan Transaksi Mencurigakan Jadi Prioritas Satgas TPPU Polri
Ketua Tim Pelaksana Satuan Tugas Tindak Pidana Pencucian Uang (Sagas TPPU), Sugeng Purnomo ( Foto Istimewa)

Regalia News – Berdasarkan penjelasan Ketua Tim Pelaksana Satuan Tugas Tindak Pidana Pencucian Uang (Sagas TPPU), Sugeng Purnomo, terdapat 18 laporan transaksi mencurigakan yang menjadi prioritas pemeriksaan.

Laporan-laporan tersebut berasal dari total 300 laporan yang diterima dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Total nilai transaksi yang mencurigakan adalah sebesar Rp281,6 triliun dari keseluruhan Rp349 triliun.

Dari 18 laporan prioritas tersebut, 10 laporan berasal dari PPATK dan ditangani oleh Kelompok Kerja (Pokja) 1 Satgas TPPU di Kementerian Keuangan. Rincian laporan tersebut adalah empat laporan dari Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), tiga laporan dari Direktorat Jenderal Pajak, dan tiga informasi dari Inspektorat Jenderal.

Delapan laporan lainnya telah diserahkan oleh PPATK kepada aparat penegak hukum dan menjadi tanggung jawab Pokja 2 Satgas TPPU. Dari delapan laporan tersebut, empat laporan ditangani oleh kepolisian dan empat laporan ditangani oleh kejaksaan.

Berdasarkan pendalaman yang dilakukan, dua laporan yang diserahkan oleh PPATK kepada kepolisian telah dinyatakan lengkap dan diserahkan ke proses penuntutan. Bahkan, satu dari laporan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Namun, satu laporan dihentikan penyelidikannya karena kurangnya alat bukti.

Dari empat laporan yang ditangani oleh kejaksaan, satu laporan masih dalam proses penyelidikan oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Satu laporan dihentikan oleh kejaksaan karena terduga pelaku meninggal dunia, dan satu laporan lainnya dihentikan karena kurangnya alat bukti.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1