70.54 F
Kepualauan Riau
Februari 2, 2023
Regalianews

10 Orang Tersangka Tambang Bauksit Di Bintan Ditahan Kejati

Hukum & Kriminal

Kejati akan melakukan pemanggilan lagi terhadap dua tersangka tersebut dan jika perlu akan kita lakukan tindakan yang lebih tegas lagi melalui penangkapan.Rabu (2/9/2020)

Regalia News – Sebanyak 12 orang tersangka dugaan kasus korupsi Izin Usaha pertambangan (IPU) bauksit di Kabupaten Bintan tahun 2018-2019 senilai Rp31 miliar lebih ditahan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Kepri, Rabu (2/9/2020)

Ke 12 tersangka yang harusnya ditahan,ternyata hanya 10 orang tersangka tersebut yang ditahan hari ini yakni, Am (50) mantan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Riau 2018-2019, AT (60) mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau

Selanjutnya , WBW (46) Direktur CV Buana Sinar Khatulistiwa, HM (66) Ketua Koperasi Haluan Kelompok Tambang Rakyat Cabang Bintan, Su (51) Wakil Ketua Koperasi Haluan Kelompok Tambang Rakyat, ER (47) Direktur CV Gemilang Mandiri Sukse, MA (43) Direktur PT Cahaya Tauhid Alam Lestari, Ja (51) Mitra BUMDES Maritim Jaya Desa Air Gubi

Kemudian, Ju (46) Persero Komenditer CV Dwi Karya Mandiri, MAA (41) Kepala Cabang Persero di Tanjungpinang PT Tan Maju Bersama Sukses.

Kedua tersangka lainnya , BSK (34) Persero Komenditer CV Buana Sinar Khatulistiwa yang juga sebagai seorang pejabat dan ASN di Pemko Tanjungpinang, tidak datang dalam pemanggilan jaksa tersebut, tanpa keterangan yang jelas, dan AR (51) Direktur Gemilang Sukses Abadi melakukan perkara yang sama tidak datang saat dipanggil jaksa, dengan alasan sakit.

Sebelum dilakukan penahanan, kepada 10 orang tersangka tersebut,tim kuasa hukum masing-masing lebih dulu datang memenuhi panggilan tim penyidik, sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB untuk dilakukan pemeriksaan tambahan sekaligus mengkonfrontir keterangan antara satu dengan yang lainnya.

10 orang tersangka tersebut telah dilakukan pemeriksaan kesehatan terkait protokol kesehatan Covid-19,usai menjalani sejumlah rangkaian proses tersebut, 10 orang tersangka tersebut,digiring keluar ruangan oleh penyidik bidang tindak pidana khusus (Pidsus) sekitar pukul. 17.00 WIB,tahanan tersebut dimasukkan ke dalam dua unit mobil operasional kejaksaan yang telah disiapkan melalui pengawalan ketat dengan beberapa orang anggota Polres Tanjungpinang bersenjata lengkap menuju rumah tahanan kelas 1 Tanjungpinang.

“Penahanan kepada 10 orang tersangka tersebut,telah memenuhi dua alat bukti yang cukup dan Pasal yang disangkakan juga telah memenuhi syarat,yakni tentang UU tindak pidana korupsi dengan ancaman di atas 5 tahun, termasuk ketentuan lainnya” kata asisten apidsus yang didampingi,Kejati Kepri serta Asintel Kejati Kepri dan sejumlah tim penyidik lainnya.

Sebut Wagio , sedianya penahanan dilakukan terhadap 12 orang tersangka, namun 2 tersangka lainnya, atas nama AR tidak dapat hadir dengan alasan sakit, sesuai dengan surat keterangan dokter, kemudian tersangka BSK tanpa alasan yang jelas.

“Kita akan melakukan pemanggilan yang kedua terhadap dua tersangka tersebut dan jika perlu akan kita lakukan tindakan yang lebih tegas lagi melalui penangkapan,untuk itu pada kesempatan ini saya menghimbau kepada dua tersangka itu segara hadir,”ujar Wagio.

“Untuk kerugian negara sendiri atas perkara ini, kita juga sudah melakukan perhitungan, namun untuk saat ini kami belum bisa menyampaikannya, melainkan setelah dalam dakwaan dipersidangan saja,”ucapnya.

Ditanya apakah bakal ada penambahan tersangka baru, Wagio belum bisa menyebutkan, dengan alasan, jika alat bukti yang cukup. pihaknya tentu segera menetapkan tersangka lainnya.”jika alat bukti yang cukup, tidak tertutup kemungkinan ada penambahan tersangka lain, dan kita tidak bisa menduga-duga begitu saja,”ungkapnya.

Sebutnya lagi,perbuatan para tersangka dapat dijerat sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 2 Ayat (1) jo Pada 3 jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi yang telah diubah dengan Undang-undang No.20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang No.31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber : Tim

Editor : Redaksi

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

Regalia News
Aktual & Terpecaya
UA-174246026-1