71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Amankan 1 Orang Diduga Jaringan KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz Diserang di Intan Jaya

Hukum & Kriminal

Amankan 1 Orang Diduga Jaringan KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz Diserang di Intan Jaya
Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K, M.M., M.H.

Regalia News – Pada Senin pagi tanggal 8 April 2024, sekitar pukul 10.00 WIT, Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz berhasil mengamankan satu orang bernama Bui Wonda alias Bossman Wenda untuk kemudian dilakukan penyelidikan terkait senjata dan amunisi. Pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIT, kelompok yang diduga sebagai KKB wilayah Intan Jaya di bawah pimpinan Undius Kogoya melakukan upaya untuk membebaskan Bui Wonda dengan cara menyerang pos Bank Papua di Intan Jaya.

Terdengar suara tembakan oleh KKB dari arah belakang pos Bank Papua, yang kemudian dibalas oleh anggota Satgas Operasi Damai Cartenz dari pos BPD dan pos tower dengan 6 kali tembakan. Merespons kejadian tersebut, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K, M.M., M.H. memberikan keterangan kepada awak media.

“Pada hari Senin pagi ini, seorang yang diduga merupakan anggota KKB dengan nama Bui Wonda alias Bossman Wenda berhasil diamankan, yang memicu terjadinya penyerangan terhadap Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, yang diduga dilakukan oleh KKB wilayah Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya,” jelas Bayu.

Akibat serangan KKB tersebut, pos BPD mengalami kerusakan berat. Anggota Satgas dalam keadaan aman, namun sekitar pukul 14.30 WIT, diperoleh informasi bahwa dua warga sipil tertembak. Satgas ODC segera mendatangi lokasi kejadian dan meng-evakuasi kedua korban ke Puskesmas Bilogai untuk mendapatkan pertolongan medis.

Kasatgas Humas menambahkan bahwa hingga saat ini belum diketahui dari arah mana tembakan yang menyebabkan kedua warga tersebut terluka.

“Kami masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui arah mana tembakan yang menyebabkan kedua warga tersebut terluka,” ujar Bayu.

Kaops Damai Cartenz Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H. menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan serta melanjutkan penyelidikan terhadap yang diduga merupakan jaringan KKB yang saat ini diamankan.

“Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan yang menyebabkan pos Satgas Operasi Damai Cartenz mengalami kerusakan berat dan dua warga terluka. Kami akan terus melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap pelaku yang diduga merupakan anggota KKB,” tambah Faizal.

Editor : Abdullah
Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1