72.34 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

DPRD Kepri Soroti Rendahnya Ketahanan Pangan di Kepri

DPRD Kepri

DPRD Kepri Soroti Rendahnya Ketahanan Pangan di Kepri
Foto Istimewa

Regalia News – DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengidentifikasi rendahnya ketahanan pangan di daerah tersebut sebagai isu krusial. Anggota DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin, menyoroti ketergantungan Kepri pada pasokan bahan pangan dari provinsi lain bahkan dari luar negeri. Hal ini disebabkan oleh minimnya produksi pertanian di seluruh kabupaten/kota di Kepri.

Wahyudin mengungkapkan bahwa tantangan ini menyebabkan ketidakstabilan harga bahan pokok di Kepri karena keterbatasan stok pangan dan biaya logistik pengiriman yang tinggi dari daerah sentra pertanian, seperti Pulau Jawa. Untuk mengatasi masalah ini, Wahyudin mendorong pemerintah daerah untuk menyusun roadmap atau peta jalan yang jelas guna mencapai kemandirian pangan di masa mendatang.

Menurut Wahyudin, selama ini belum ada peta jalan ketahanan pangan di Provinsi Kepri, dan kini dibutuhkan suatu konsep yang jelas dalam sektor pertanian. Ia menekankan perlunya menyusun peta ketahanan pangan untuk menciptakan ketahanan pangan di daerah tersebut.

Setelah disahkan, peta jalan ketahanan pangan akan dimasukkan ke dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Pemprov Kepri. DPRD juga berencana melakukan kajian terkait kebijakan yang dapat dijalankan oleh Pemprov Kepri untuk menciptakan kemandirian pangan di daerah setempat.

Wahyudin memberikan contoh bahwa dalam peta jalan tersebut, terdapat wacana jangka panjang membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan pendapatan daerah sambil menjaga stabilitas inflasi harga bahan pokok.

Ketua Komisi II DPRD Kepri juga menyatakan harapannya agar peta jalan ketahanan pangan dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan pangan dari daerah lain atau luar negeri. Dia menekankan pentingnya pemetaan daerah potensial yang dapat menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi permintaan lokal.

Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara, mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah membuat peta jalan pembangunan pertanian menuju ketahanan pangan Kepri, yang akan menjadi bagian integral dari RPJMD dan RPJPD Pemprov Kepri. Adi Prihantara menyadari bahwa kondisi geografis Kepri yang sebagian besar terdiri dari lautan memerlukan konsep yang terarah dalam mempersiapkan ketahanan pangan daerah. Ia berharap peta jalan ini dapat memotivasi kabupaten/kota di Kepri untuk bersama-sama membangun ketahanan pangan.

Editor ; Abdullah

Sumber : DPRD Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1