https://www.regalianews.com
Image default

Bea Cukai Gagalkan Pengiriman 355.800 Batang Rokok Ilegal

Hukum & Kriminal

Regalia News – Kudus, 8 November 2023 – Bea Cukai Kudus berhasil menggagalkan pengiriman 355.800 batang rokok ilegal yang diangkut dalam sebuah kendaraan. Penyitaan rokok ilegal ini terjadi di Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, pada Sabtu (04/11).

“Kami melaksanakan operasi ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk memberantas peredaran rokok ilegal pada tahun 2023,” ujar Sandy Hendratmo Sopan, Kepala Bagian Layanan Penyuluhan dan Informasi di Bea Cukai Kudus, pada Rabu (08/11).

Tindakan tegas terhadap rokok ilegal dimulai ketika petugas bea cukai di Kudus menerima informasi tentang sebuah kendaraan yang dicurigai mengangkut barang kena cukai (BKC) ilegal, khususnya rokok. “Berdasarkan analisis intelijen, tim segera bergerak menuju Jalan Raya Kudus-Pati untuk menemukan kendaraan yang dilaporkan,” tambah Sandy.

Setelah menemukan kendaraan yang sesuai dengan informasi di sekitar Desa Ngembalrejo, petugas dengan cepat menghentikannya dan melakukan pemeriksaan. Dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan 17.790 bungkus atau 355.800 batang rokok kretek mesin (SKM) dengan merek JUST SPECIAL EDITION FULL, JUST MILD, DALILL FINE CUT FILTER, ST PREMIUM, dan MK tanpa pita cukai. Nilai estimasi rokok ilegal tersebut mencapai sekitar Rp446.529.000 dengan potensi kerugian bagi negara sebesar Rp306.039.591.

“Penyelundupan rokok ilegal dapat menggunakan berbagai taktik yang harus kita waspadai. Namun, penting bagi masyarakat untuk diingat bahwa banyak entitas yang peduli terhadap masa depan bangsa dan secara aktif berkontribusi dalam perang melawan rokok ilegal.

Sekarang bukan saatnya untuk terlibat dalam bisnis rokok ilegal karena mendapatkan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) telah menjadi lebih mudah di Bea Cukai Kudus, dan prosesnya gratis,” tekankan Sandy.

Saat ini, otoritas telah mengangkut semua barang bukti, pengemudi, asisten, dan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal ke kantor Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Editor : Adullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1