55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal
Bea Cukai Kudus berhasil menggagalkan pengiriman 196.000 batang rokok ilegal.

Regalia News – Kudus, 08-01-2024 – Dalam rangka memulai upaya pemberantasan barang kena cukai (BKC) ilegal di tahun 2024, Bea Cukai Kudus berhasil menggagalkan pengiriman 196.000 batang rokok ilegal. Penindakan terhadap rokok ilegal tersebut dilakukan di salah satu agen jasa pengiriman di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, pada Rabu (03/01).

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Sandy Hendratmo Sopan, menjelaskan bahwa tim Bea Cukai melaksanakan patroli darat dengan fokus pada agen-agen jasa pengiriman di beberapa wilayah Kabupaten Jepara.

Hasil patroli tersebut memunculkan kecurigaan terhadap beberapa paket kiriman yang diduga berisi rokok ilegal di agen jasa pengiriman di Desa Pelemkerep. “Kami pun langsung memeriksanya,” ungkap Sandy.

Dari pemeriksaan terhadap 117 paket, petugas menemukan 8.860 bungkus rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dari berbagai merek, seperti Lois L Bold, JAYA BOLD, GUCI, FLASH BOLD, dan DUBAI tanpa dilengkapi pita cukai.

Selain itu, petugas juga menemukan 940 bungkus rokok jenis SKM dengan merek LiNK BOLD yang dilengkapi pita cukai diduga palsu. Estimasi nilai rokok ilegal tersebut mencapai Rp270.480.000,00 dengan potensi kerugian negara sekitar Rp 187.615.120,00.

Sandy menekankan pentingnya terus melakukan pemberantasan BKC ilegal secara berkelanjutan. “Penindakan terhadap paket rokok ilegal di awal tahun ini dapat menjadi acuan bagi kami untuk meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam mengedukasi para pengusaha jasa ekspedisi agar lebih teliti dan berhati-hati dalam menerima paket kiriman,” tutupnya.

Editor ; Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1