60.87 F
Kepualauan Riau
April 15, 2024
https://www.regalianews.com

Aksi Pecah Kaca Mobil Berulang Pelaku Diamankan oleh Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota

Hukum & Kriminal

Aksi Pecah Kaca Mobil Berulang Pelaku Diamankan oleh Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota
Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Rio Mikael Tobing ( Foto Istimewa)

Regalia News – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya, telah berhasil menangkap sejumlah pelaku pencurian barang berharga dengan modus memecahkan kaca mobil. Pelaku yang berhasil ditangkap adalah BS dan MP, sementara satu pelaku lainnya dengan inisial RHN masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelaku menggunakan alat khusus untuk memecahkan kaca mobil sebelum mencuri barang-barang berharga dari dalam kendaraan. Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Rio Mikael Tobing, mengungkapkan bahwa penangkapan ini berdasarkan laporan korban bernama Ahmad Firdaus, warga Batuceper, Kota Tangerang, yang kejadian pencurian terjadi pada Jumat, 20 Oktober 2023, sekitar pukul 20.15 WIB. Modus operandi para pelaku melibatkan mobil yang diparkir di depan jalan umum.

“Pelaku menggunakan alat khusus untuk pecah kaca sebelum mencuri barang-barang berharga milik korban dari dalam mobil,” ungkap Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Rio Mikael Tobing dalam konferensi pers digelar di Mapolres, (7/11/2023).

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa para pelaku ini adalah komplotan spesialis pecah kaca mobil yang beroperasi di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Mereka telah melakukan tindak pidana pecah kaca sebanyak 17 kali.

Barang berharga yang menjadi target para pelaku termasuk tas berisi handphone, uang, dan laptop yang ditinggalkan oleh korban di dalam mobil. Salah satu kejadian mencakup mobil dinas Bawaslu Kota Tangerang di Jalan Tengku Umar, depan eks Kantor Forwat, dan depan plaza, dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Peran masing-masing pelaku dalam komplotan ini dijelaskan, dengan BS sebagai eksekutor, sementara MP dan RHN (yang masih buron) berperan sebagai joki atau pengawas situasi.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, melalui Kasat Kompol Rio Mikael Tobing, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan saat memarkirkannya. Para pelaku pencurian ini secara acak mengincar barang berharga milik korban yang ditinggalkan di dalam kendaraan. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman pidana penjara selama 7 tahun.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Polda Metro Jaya

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1