75.94 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Derry Tempati Fasilitas Negara Wan Aris Sikap Bawaslu Natuna Tidak Tegas

Politik

Derry Tempati Fasilitas Negara Wan Aris Sikap Bawaslu Natuna Tidak Tegas
Sikap Bawaslu Natuna Tidak Tegas

Regalia News –  Pernyataan dari Sekretaris tim pemenangan Paslon nomor urut 2, Wan Siswandi – Rodhial Huda (WS-RH), Wan Arismunandar, menyoroti peran Panwaslu Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat dalam pengawasan tahapan proses kampanye. Menurutnya, tugas dan fungsi Panwascam dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada sudah sesuai dengan harapan. Namun, dia mengkritik Bawaslu Natuna yang dianggapnya tidak responsif terhadap potensi pelanggaran pilkada.

Wan Arismunandar menyayangkan sikap Bawaslu Natuna terkait dugaan pelanggaran Pilkada yang melibatkan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal. Menurutnya, Bupati diduga memberikan kewenangan dan keuntungan penggunaan fasilitas negara kepada Calon Wakil Bupati Derry Purnamasari.

Dugaan pelanggaran tersebut berkaitan dengan Derry yang diduga mendiami fasilitas negara, yaitu Gedung Daerah, setelah ditetapkan sebagai Cawabup Natuna oleh KPU. Meskipun Hamid Rizal adalah ayah kandung Derry, Wan Aris berpendapat bahwa Gedung Daerah seharusnya tidak boleh didiami oleh pasangan calon Kepala Daerah atau calon Wakil Kepala Daerah hingga penetapan pasangan calon terpilih, sesuai dengan undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, pasal 190 UU juncto pasal 71 ayat (3).

Wan Arismunandar menilai bahwa tindakan tersebut melanggar aturan pilkada yang mengatur larangan penggunaan fasilitas negara dalam waktu enam bulan sebelum penetapan pasangan calon hingga penetapan pasangan calon terpilih. Dia berharap Bawaslu Natuna dapat menegakkan aturan dengan adil tanpa terkesan berpihak kepada salah satu pasangan calon.

Liputan : Hawati

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1