83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Jaringan Pengedar Dollar AS-Rupiah Palsu Diringkus Bareskrim

Hukum & Kriminal

Jaringan Pengedar Dollar AS-Rupiah Palsu Diringkus Bareskrim
Foto Istimewa

Regalia News – Penangkapan jaringan pengedar Dollar Amerika Serikat (AS) palsu di wilayah Purwakarta, Jawa Barat, oleh Subdit IV Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

Penangkapan dilakukan oleh Subdit IV/MUSP Dittipideksus Bareskrim Polri pada tanggal 4 November 2023, empat orang tersangka yang ditangkap adalah AGS, KB, DS, dan AMB.

Barang bukti yang diamankan termasuk Dollar AS palsu sebanyak 995 lembar dan mata uang rupiah palsu pecahan Rp100.000 sebanyak 45 lembar.

Penangkapan bermula dari informasi masyarakat di wilayah Purwakarta, Jawa Barat, Bareskrim merespons informasi tersebut dengan melakukan penyelidikan terhadap terduga pelaku, AGS menawarkan transaksi dengan nilai tukar 1 USD = Rp5.000 dan mengatur pertemuan untuk transaksi di salah satu rumah makan di Kabupaten Purwakarta.

Saat pertemuan, AGS bersama KB, DS, dan TH membawa tas berisi Dollar AS palsu pecahan 100 USD sebanyak 995 lembar.

AGS dan kelompoknya tiba di lokasi dengan menggunakan kendaraan Suzuki APV,  KB membawa uang palsu Dollar AS yang dilapisi plastik bening dan dibungkus dengan kantong kresek hitam.

Setelah melihat barang bukti, pihak berwenang langsung melakukan tangkap tangan terhadap pelaku, selain Dollar AS palsu, ditemukan juga mata uang rupiah palsu pecahan Rp100.000 dan Dollar AS asli.

Para pelaku disangkakan melanggar Pasal 245 KUHP Jo Pasal 55 KUHP, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun, pelanggaran juga mencakup Pasal 36 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman penjara paling lama 10 tahun dan pidana denda maksimal Rp50.000.000.000.

Para tersangka dan barang bukti telah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut di Gedung Dittipideksus Bareskrim Polri.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1