83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Kapolri: Polwan di Indonesia Sudah Jadi Jenderal Dan Duduki Posisi Risiko Tinggi

Nasional

Kapolri: Polwan di Indonesia Sudah Jadi Jenderal Dan Duduki Posisi Risiko Tinggi
Sigit menekankan saat ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah memberikan ruang kepada para Polisi Wanita (Polwan) untuk mendapatkan hak kesetaraan gender.

Regalia News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (7/11/2021). Dalam sambutannya, Sigit membahas isu kesetaraan gender di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Sigit menekankan bahwa Polri telah memberikan ruang kepada Polisi Wanita (Polwan) untuk mendapatkan hak kesetaraan gender. Saat ini, ada tiga Jenderal perempuan yang menempati jabatan di Mabes Polri, serta beberapa posisi atau jabatan di level operasional yang berisiko tinggi.Menurut Sigit, peran Polwan memiliki kontribusi luar biasa dalam mendukung reformasi kultural Polri, menjadikannya lebih humanis dan dekat dengan masyarakat.

Polwan memiliki kepekaan gender yang lebih baik dalam menanggapi kejahatan berbasis seksual dan gender, meningkatkan efektivitas operasional, membangun kepercayaan masyarakat, dan meningkatkan legitimasi lembaga penegak hukum. Sigit mengakui peran strategis wanita di Kepolisian dan menegaskan komitmen Polri untuk menciptakan institusi yang inklusif bagi semua golongan, termasuk perempuan.

Polri telah menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender, menyediakan fasilitas seperti ruang laktasi dan ruang pemeriksaan khusus bagi perempuan dan anak-anak, serta fasilitas yang ramah disabilitas di kantor kepolisian. Sigit menegaskan bahwa Polwan sekarang memiliki kesempatan yang sama dalam rekrutmen, pendidikan, pelatihan, dan jabatan operasional yang setara dengan Polisi pria.

Dalam acara IAWP, Sigit berharap Polwan Indonesia dapat meningkatkan kerjasama dengan polisi wanita dari negara lain, membahas upaya bersama untuk mencapai kesetaraan gender. Ia juga mengapresiasi bahwa Indonesia menjadi tuan rumah acara ini, menunjukkan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan acara internasional dengan aman, damai, dan sehat di tengah pandemi COVID-19.

Sigit mengingatkan bahwa kesuksesan acara ini dapat menjadi contoh bagi event internasional lainnya di Indonesia, dan dia berharap bahwa setelah rangkaian kegiatan ini selesai, pertumbuhan COVID-19 dapat dikendalikan untuk melanjutkan penyelenggaraan acara internasional lainnya dengan aman dan sehat. Jumlah peserta konferensi ini mencapai 980 orang, baik yang hadir secara langsung maupun daring, dengan protokol kesehatan yang ketat diterapkan.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1