https://www.regalianews.com
Image default

Ekonomi Maritim Harus Tumbuh Untuk Kemakmuran Masyarakat

Pertanian

Regalia News – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, dalam mendorong pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Karimun. Gubernur Ansar menganggap bahwa Kepri, sebagai provinsi kepulauan, membutuhkan usaha khusus untuk mengoptimalkan hasil laut demi kemakmuran masyarakat.

Misi  Gubernur Ansar memiliki misi untuk mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim, berwawasan lingkungan, dan keunggulan wilayah untuk peningkatan kemakmuran masyarakat.

Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Karimun Gubernur Ansar secara aktif mendorong pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Karimun. Dia menyatakan bahwa sebagian besar nelayan di Kepri saat ini lebih banyak berkecimpung dalam kegiatan nelayan tangkap, dan upaya budidaya menjadi langkah untuk diversifikasi ekonomi masyarakat.

Pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Gubernur Ansar telah bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk membahas potensi kelautan dan pemanfaatannya di Kepri. Mereka berencana untuk meninjau potensi pemanfaatan yang ada.

Pengembangan Sentra Budidaya Rumput Laut Kecamatan Moro di Kabupaten Karimun diidentifikasi sebagai salah satu sentra budidaya rumput laut. Gubernur Ansar berencana untuk memetakan ulang wilayah ini, mengevaluasi luas yang bisa dimanfaatkan, dan memperluas sentra budidaya ini.

Pengembangan Infrastruktur Gubernur Ansar berencana melakukan inventarisasi kebutuhan seperti gudang dan area penjemuran. Dia menekankan pentingnya tidak hanya fokus pada produksi rumput laut tetapi juga menciptakan pasar yang kompetitif.

Gubernur Ansar menekankan pentingnya kekompakan dalam kesuksesan budidaya rumput laut. Dia meminta dukungan dari berbagai pihak, termasuk para nelayan, TNI, Polri, dan para tetua, untuk menjaga keberlanjutan dan kesuksesan usaha ini.

Dukungan  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri, T.S Arif Fadilah, menyatakan bahwa masyarakat Pulau Jaga telah menerima bantuan dari DKP baik berupa dana maupun pembinaan untuk meningkatkan produksi rumput laut.

Upaya ini tidak hanya diarahkan pada peningkatan produksi rumput laut tetapi juga pada pembentukan pasar yang kompetitif dan keberlanjutan usaha budidaya ini. Gubernur Ansar berharap bahwa dengan dukungan semua pihak, ekonomi Kepri dapat terus berkembang, dan potensi kelautan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1