58.89 F
Kepualauan Riau
April 17, 2024
https://www.regalianews.com

TNI – Polri Gunakan Teknologi dan Dua Strategi Dalam Operasi di Papua

Nasional

TNI-Polri Gunakan Teknologi dan Dua Strategi Dalam Operasi di Papua
Dua Strategi Dalam Operasi di Papua

Regalia News – Pendekatan yang dilakukan oleh TNI-Polri dalam menjalankan operasi keamanan di Papua, TNI-Polri tidak hanya mengandalkan cara-cara konvensional atau manual dalam operasi keamanan di Papua, tetapi juga menggunakan teknologi.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa teknologi digunakan untuk memaksimalkan tugas di lapangan, terutama dalam membedakan antara warga sipil dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tujuan penggunaan teknologi adalah untuk meminimalisir risiko dan meningkatkan efektivitas operasi.

Meskipun mengandalkan teknologi, TNI-Polri tetap mengedepankan upaya diplomasi dalam menyelesaikan persoalan di Papua, Kapolri mengimbau dengan konsep-konsep diplomasi untuk menjaga KKB agar tetap bersatu dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

TNI-Polri menjalankan dua jenis operasi di Papua, yaitu operasi yang bersifat “soft approach” melalui diplomasi dan operasi yang bersifat “hard” dengan menggunakan penegakan hukum, Operasi “soft approach” fokus pada pengawalan program-program pembangunan di Papua.

Seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, dan pembangunan infrastruktur, Operasi “hard” ditujukan untuk menangani keberadaan KKB dengan melibatkan penegakan hukum.

Salah satu tujuan utama dari operasi keamanan ini adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Papua, serta memastikan bahwa pembangunan di wilayah tersebut dapat berjalan lancar tanpa terganggu oleh keberadaan KKB.

Penting untuk dicatat bahwa informasi ini didasarkan pada pernyataan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan mencerminkan upaya TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan menyelesaikan konflik di Papua dengan memanfaatkan kombinasi teknologi, diplomasi, dan penegakan hukum.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1