79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Tanggapi Laporan Warga, Komisi III Tinjau Lokasi Limbah Faba PLTU Tanjung Balai Karimun

DPRD Kepri

Tanggapi Laporan Warga, Komisi III Tinjau Lokasi Limbah Faba PLTU Tanjung Balai Karimun
Komisi III Tinjau Lokasi Limbah Faba PLTU Tanjung Balai Karimun

Regalia NewsKomisi III DPRD Kepulauan Riau, di bawah kepemimpinan Ketua Komisi III Widiastadi Nugroho, melakukan peninjauan terhadap tempat limbah FABA (fly ash bottom ash) milik PLTU Tanjung Balai Karimun, di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Peninjauan dilakukan sebagai respons terhadap informasi dari masyarakat yang menyatakan bahwa limbah FABA dari pembakaran batu bara menumpuk dan mencemari lingkungan sekitar.

Ketua Komisi III, Widiastadi Nugroho, menjelaskan bahwa meskipun limbah FABA tidak termasuk dalam limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), perhatian harus tetap diberikan terutama pada kondisi tempat penyimpanannya yang dekat dengan bibir pantai. Anggota Komisi III Surya Sardi menyoroti pentingnya mengawasi pengangkutan limbah sesuai dengan standar keamanan.

Anggota Komisi III Sugianto menanyakan mengenai pemanfaatan limbah FABA sebagai bahan bangunan dan jalan, sementara Anggota Komisi III Yusuf menekankan perlunya evaluasi rutin terkait limbah FABA dan penanganan cepat terhadap kebocoran yang dilaporkan.

Manager ULPLTU Tanjung Balai Karimun, Syaifil Edli, membenarkan bahwa FABA tidak tergolong sebagai limbah B3, sesuai dengan ketentuan di PP Nomor 22 Tahun 2021. Ia menjelaskan bahwa hasil uji karakteristik terhadap FABA PLTU menunjukkan bahwa limbah tersebut tidak memenuhi karakteristik sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Edison, Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3, dan Kajian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, menambahkan bahwa pemanfaatan FABA oleh pihak ketiga harus memiliki izin dari DLHK provinsi dan dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan.

Dengan demikian, artikel ini mencakup tanggapan Komisi III terhadap laporan masyarakat mengenai limbah FABA, penjelasan dari manajer PLTU, dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pemanfaatan limbah FABA oleh pihak ketiga.

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1